Jokowi Cermati Kandidat Cawapres, Termasuk Gatot Nurmantyo

RZR, CNN Indonesia | Selasa, 03/04/2018 21:54 WIB
Jokowi Cermati Kandidat Cawapres, Termasuk Gatot Nurmantyo Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, nama-nama kandidat cawapres untuk Pilpres 2019 sudah dikantongi Jokowi dan akan dibahas dengan partai koalisi untuk mengerucutkan satu nama. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristianto mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo sedang mencermati nama-nama yang muncul untuk diusung sebagai kandidat calon wakil presiden yang akan mendampinginya di Pilpres 2019. Termasuk nama mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang juga masuk pertimbangan.

"Ya, seluruhnya (nama-nama kandidat cawapres) sedang dipertimbangkan, Pak Jokowi sebagai pemimpin sedang mencermati seluruh nama-nama yang sudah disuarakan," kata Hasto saat ditemui di Kantor DPP Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (3/4).

Hasto mengungkapkan bahwa Jokowi telah mengantongi daftar nama-nama kandidat yang bakal dipertimbangkannya sebagai cawapres. Tak menutup kemungkinan ada nama Gatot di daftar tersebut.



Ia mengatakan bahwa Jokowi nantinya akan mmebahas dan mendiskusikan terlebih dulu nama-nama tersebut bersama dengan parpol koalisi lainnya untuk mengerucutkan satu nama cawapres yang definitif.

"Pak Jokowi kan tipe pendialog ya. Nanti akan bersama berkomunikasi dengan ketua umum pendukung beliau juga," kata Hasto.

Senada dengan Hasto, Sekjen Partai Nasdem, Johnny G Plate mengatakan bahwa Jokowi sendiri telah mengantongi daftar nama-nama kandidat cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2019.


Saat ditanya mengenai nama Gatot Nurmantyo masuk ke dalam daftar tersebut, Jhonny menjawab diplomatis karena nama-nama tersebut masih digodok oleh Jokowi dan parpol koalisi lainnya.

"Nama-nama itu semua sudah ada di kantongnya pak Jokowi dan masih dipertimbangkan, jadi tunggu saja, enggak perlu buru-buru, masih panjang prosesnya," kata dia. (osc)