FOTO: Tumpahan Minyak Cemari Teluk Balikpapan

Antara Foto, Greenpeace, CNN Indonesia | Sabtu, 07/04/2018 09:24 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Tumpahan minyak di perairan Balikpapan sejak akhir Maret 2018 menyebabkan aktivitas warga terganggu dan punahnya biota laut yang hidup di perairan.

Perahu mengapung di atas air berwarna hitam karena terkontaminasi tumpahan minyak di hutan bakau di desa Kariangau, Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur. Tumpahan minyak disebabkan kebocoran dari pipa minyak Pertamina. (Greenpeace / Jurnasyanto Sukarno)
Asap tebal mengepul di kawasan perairan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (31/3). Pipa minyak bawah air Balikpapan-Penajam Paser Utara, terbakar dan menyulut terbakarnya satu kapal kargo MV Ever Judger dan dua kapal nelayan. (ANTARA FOTO/Sheravim)
Lokasi pertama kali munculnya api di perairan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (31/3) akibat terbakarnya pipa minyak bawah air Balikpapan-Penajam Paser Utara. (ANTARA FOTO/Sheravim)
Warga membersihkan pesisir Pantai Kilang Mandiri di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (4/4). Masyarakat setempat membersihkan beberapa pantai wisata di kota tersebut guna memulihkan kondisi pesisir Balikpapan yang tercemar tumpahan minyak. (ANTARA FOTO/Sheravim).
Petugas melakukan otopsi terhadap bangkai ikan pesut di kawasan Pantai Klandasan, Balikpapan, Kaltim, Selasa (2/4). Ikan pesut yang ditemukan mati terdampar di pantai tersebut diduga keracunan tumpahan minyak yang saat ini telah menutupi sebagian besar Perairan Balikpapan. (ANTARA FOTO/Sheravim)
Petugas membersihkan Pantai Banua Patra dari minyak yang memenuhi pesisir pantai di Balikpapan, Kaltim, Senin (2/4). Pasca kebakaran pipa minyak bawah air Balikpapan-Penajam Paser Utara, pesisir pantai dan pemukiman di pinggir laut Kota Balikpapan tercemar tumpahan minyak. (ANTARA FOTO/Sheravim)
Pasca terjadinya kebakaran pipa minyak bawah air di perairan Teluk Balikpapan, PT Pertamina melakukan penanggulangan pencemaran minyak agar tidak semakin meluas. (ANTARA FOTO/Sheravim)
Sebuah botol plastik mengapung di atas perairan yang terkontaminasi tumpahan minyak di desa Kariangau, Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur. (Greenpeace / Jurnasyanto Sukarno)
Hutan bakau terkontaminasi oleh tumpahan minyak di desa Kariangau, Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur. (Greenpeace / Jurnasyanto Sukarno)
Seorang lelaki duduk di dermaga di atas perairan terkontaminasi oleh tumpahan minyak di desa Kariangau, Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur. (Greenpeace / Jurnasyanto Sukarno)
Daun-daun hitam dari pohon bakau yang terkontaminasi oleh tumpahan minyak di desa Kariangau, Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur. (Greenpeace / Jurnasyanto Sukarno)