Golkar soal Partai Setan: Amien Rais dan Partai Allah Bersih?

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Sabtu, 14/04/2018 14:09 WIB
Golkar soal Partai Setan: Amien Rais dan Partai Allah Bersih? Ketua DPP Golkar Ace Hasan menilai Amien Rais harusnya semakin bijak, bukan provokatif. Dia pun meragukan Amien Rais dan 'partai Allah' bersih dari korupsi. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto).
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Golkar menilai pernyataan Amien Rais mendikotomikan antara partai setan dan partai Allah bukanlah hal yang etis untuk diucapkan. Bagi Golkar, Amien Rais tak mencerminkan sebagai orang yang dihormati serta jauh dari kata politikus yang santun dan bijak.

Hal ini dinyatakan Ketua DPP Bidang Penggalangan Media dan Opini Golkar, Ace Hasan Syadzily. Dia tak tahu maksud pernyataan yang dilontarkan oleh Amien, tapi dia menilai Amien yang sudah dianggap sebagai Guru Bangsa tidak pantas untuk mengucapkan kata-kata bernada provokatif tersebut.

"Saya tidak tahu maksudnya dengan pernyataan Pak Amien Rais soal partai setan itu. Sebagai orang yang dihormati dan sudah dianggap guru bangsa, Pak Amien Rais seharusnya semakin bijak dan santun dalam bertutur. Mengkritik boleh dan harus, tapi tidak harus menggunakan istilah yang provokatif dan tidak etis," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (14/4).



Amien mendikotomikan partai-partai politik di Indonesia jadi dua kutub, yakni partai setan dan partai Allah. Hal tersebut disampaikan Amien saat tausiyah usai mengikuti Gerakan Indonesia Salat Subuh berjemaah di Masjid Baiturrahim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (13/4) pagi.

Dalam tausiyahnya itu, Amien menyebut PAN, PKS, dan Gerindra masuk sebagai partai Allah. Sementara itu, partai besar masuk dalam partai setan.

Ace menilai dengan penggunaan kata 'setan', Amien seolah ingin mengatakan bahwa dirinya orang bersih. Dengan pernyataan itu juga Amien ingin mengesankan partai yang dia kategorikan sebagai partai Allah adalah partai yang benar-benar bersih.


"Kalau sudah menggunakan kata 'setan' itu artinya ingin mengatakan bahwa dirinya paling bersih. Apakah partai-partai yang disebut Pak Amien Rais itu juga bersih? Tidak terlibat korupsi begitu?" tuturnya.

"Janganlah kita menganggap dirinya paling bersih, apalagi dalam ruang politik seperti ini, seharusnya kita menjaga tutur kata agar tetap terbangun kemitraan," ucapnya kemudian.

Ace pun berpesan kepada Amien supaya mengajarkan kepada generasi muda tentang keteladanan dan kesantunan dalam berpolitik dan bukan memprovokasi.

"Pak Amien Rais sebaiknya mengajarkan kepada generasi muda tentang keteladanan dan kesantunan dalam berpolitik," tuturnya. (osc)