Puluhan Ribu Mobil Padati Puncak, Macet Panjang di Ciawi

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Sabtu, 14/04/2018 17:35 WIB
Puluhan Ribu Mobil Padati Puncak, Macet Panjang di Ciawi Ilustrasi macet puncak, Bogor. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan wisata Puncak kembali dipadati oleh sejumlah wisatawan dari DKI Jakarta. Polres Bogor Kabupaten mencatat sejak Jumat (13/4) hingga Sabtu ini (14/4) sebanyak 36.534 mobil memasuki kawasan tersebut.

Kasat Lantas Polres Bogor Kabupaten AKP Hasby Ristama mengatakan meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta menuju puncak mengakibatkan kemacetan sepanjang lima kilometer di pintu keluar tol Ciawi. Kemacetan itu telah terjadi sejak pukul 06.30 WIB.

"Bertepatan dengan libur hari raya Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, jadi masyarakat memilih untuk berwisata. Dari data yang kami terima terdapat peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak," ujar Hasby kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (14/4).



Hasby mengatakan terdapat sejumlah simpang jalan yang mengalami kepadatan kendaraan yang menuju Cianjur. Sejumlah simpang jalan itu adalah Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari dan Simpang Warung Kaleng.

Upaya untuk mengurai kemacetan tersebut juga sudah dilakukan dengan memberlakukan sistem satu arah pukul 07.30 WIB. Namun kepadatan masih berlangsung hingga kini.

"Cukup padat yang ingin menuju ke atas Puncak walaupun pemberitahuan sudah disampaikan via media sosial maupun mainstream tentang jadwal Puncak," tuturnya.

Maka itu Hasby mengimbau supaya masyarakat yang hendak menuju Cianjur untuk menggunakan jalur alternatif melalui jalur Jonggol Cileungsi dan Cibubur. Selain itu pemberitahuan soal kepadatan lalin di jalur Puncak juga akan diberitahukan melalui media sosial @TMCPolresBogor.

(osc)