Kriteria Cawapres dari PPP Buat Jokowi: Muda dan Milenial

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Sabtu, 14/04/2018 19:15 WIB
Kriteria Cawapres dari PPP Buat Jokowi: Muda dan Milenial Munas alim ulama PPP sejumlah merekomendasikan, termasuk kriteria cawapres untuk Jokowi. Hasil rekomendasinya, cawapres Jokowi harus muda dan milenial. (CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia -- Musyawarah nasional (munas) alim ulama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menghasilkan sejumlah rekomendasi kriteria calon wakil presiden bagi Joko Widodo dalam Pilpres 2019. Salah satunya cawapres Jokowi harus memenuhi kriteria muda dan milenial.

"Kriteria cawapres muda dan milenial agar mampu menyesuaikan dengan perkembangan generasi saat ini," ujar Ketua Umum PPP Romahurmuziy saat memberikan sambutan dalam acara penutupan munas alim ulama di Hotel UTC, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (14/4).

Hasil munas juga merekomendasikan agar cawapres Jokowi memenuhi syarat menurut Islam, memiliki kompetensi dan integritas yang aspiratif, bersikap santun, santri, berilmu, dan berjiwa ulama, serta peduli pada rakyat kecil.



Selain itu, ada sembilan poin rekomendasi dari hasil munas alim ulama yakni peneguhan komitmen kebangsaan bahwa negara pancasila dan NKRI adalah final, komitmen untuk terus mengawal pemerintahan yang terpilih dengan sah.

"Meminta perhatian lebih pemerintah untuk pendidikan agama, madrasah, dan pesantren yang berjumlah 72 ribu di seluruh Indonesia di mana 92 persennya adalah swasta," katanya.

Kemudian meningkatkan kewaspadaan atas munculnya radikalisme berbasis agama, berperan aktif menangkal berita hoaks, mendorong redistribusi aset kepada seluruh rakyat miskin, menekan segala bentuk politik uang, menguatkan institusi pemberantasan korupsi, dan berperan aktif mewujudkan dunia.

Munas alim ulama digelar 13-14 April 2018 untuk membahas sejumlah isu-isu terkini dari para alim ulama seluruh Indonesia. Termasuk salah satu yang dibahas adalah kriteria cawapres bagi Jokowi.
(osc)