DPRD DKI Wacanakan Pembentukan Pansus LRT

DHF, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 11:56 WIB
DPRD DKI Wacanakan Pembentukan Pansus LRT Gerbong LRT didatangkan ke Jakarta. DPRD DKI berniat mengusut anggaran proyek LRT yang dinilai kemahalan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik berniat membentuk Panitia Khusus Proyek Light Rail Transit (Pansus LRT) dalam waktu dekat.

Taufik menyatakan rencana tersebut sudah dibahas di DPRD. Anggaran proyek LRT fase pertama dinilai kemahalan.

"Kami melihat bahwa di fase pertama rasanya telalu mahal dibanding dengan LRT yang lain. Sehingga fase kedua itu kenapa kita mesti efisienkan untuk anggaran, karena ujungnya rakyat juga yang akan dibebani," ujar Taudik saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Senin (16/4).


Dia mencontohkan LRT di Jakarta memakan biaya lebih dari Rp1 miliar per kilometer. Padahal di kota lain hanya sekitar Rp600 juta setiap kilometer.


Pansus LRT dinilai perlu dibentuk untuk memfasilitasi diskusi antara Pemprov dan DPRD. Pansus nantinya berperan juga untuk memberi panduan dan pertimbangan kepada Pemprov dalam proyek LRT.

"Jadi saya kira pansus itu jangan dianggap kemudian momok. Itu bisa saja untuk memberikan panduan kepada Pemda bahwa pada pembangunan fase kedua mesti begini, mesti begini," lanjutnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan pihaknya terbuka atas niatan DPRD membentuk Pansus LRT.

Sandi menjamin Pemprov akan selalu terbuka terkait proyek ini. Dia berharap proyek yang menjadi lembaran baru transportasi berbasis rel di Jakarta ini tidak terkesan ada yang ditutup-tutupi.

"Ya tentunya pagi ini ingin saya jelaskan ke Pak Taufik dan teman-teman bahwa kita kerja keras. Apa informasi yang dibutuhkan, kami berikan. Tapi tentu hak dari teman-teman Dewan kalau ingin membentuk pansus, dan kami akan kooperatif," ujarnya.


Proyek LRT Jakarta saat ini tercatat membutuhkan dana total Rp7,3 trilun untuk rute sepanjang 116 kilometer. Proyek ini dilaksanakan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Pembangunan LRT Jakarta tahap satu sudah dijalankan sejak 2016. Pengerjaan rute Kelapa Gading-Velodrome dengan jarak 5,8 kilometer telah mencapai 70 persen.

Rencananya pembangunam LRT tahap satu akan rampung sebelum gelaran Asian Games 2018. Pada Mei 2018 rencananya akan dilakukan uji coba selama tiga bulan sebelum beroperasi penuh.

Sementara untuk tahap dua, akan dibangun rute Velodrome-Tanah Abang. Kini Jakpro masih mencari rekanan untuk pengerjaan tahap dua itu.

(gil)