Jembatan Widang Ambruk, Polisi Berlakukan Buka Tutup Jalur

Prima Gumilang, CNN Indonesia | Selasa, 17/04/2018 19:05 WIB
Jembatan Widang Ambruk, Polisi Berlakukan Buka Tutup Jalur Petugas mengevakuasi truk di lokasi jembatan Widang yang runtuh, Tuban, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Aguk Sudarmojo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polres Tuban, Jawa Timur, memberlakukan sistem buka tutup arus lalu lintas di Jembatan Widang bagian timur setelah jembatan di bagian barat ambruk pada Selasa (17/4). Hal ini untuk mengatasi kemacetan arus kendaraan bermotor.

Sementara itu, kendaraan dari arah Jakarta sebelum ke Widang dialihkan melewati Pantura Lamongan menuju Gresik, sebelum akhirnya ke Surabaya.

"Dari arah Surabaya ada yang kita sarankan untuk melewati Bojonegoro," kata Kasat Lantas Polres Tuban Ajun Komisaris Eko Iskandar di lokasi jembatan Widang dikutip Antara, Selasa (17/4).



Kepadatan arus lalu lintas yang melewati jembatan Widang timur dari arah utara ke selatan dan sebaliknya tetap padat. Menurut Eko selama ini jalur tersebut memang padat.

Antrean kendaraan berat dari arah Tuban menuju selatan yang akan melalui jembatan Widang timur terpantau lebih dari 1 kilometer. Begitu pula dari arah Surabaya ke arah Tuban juga mengular lebih dari 1 kilometer.

Selama ini jembatan Widang bagian timur diperuntukkan bagi kendaraan yang melintas dari utara Tuban ke Surabaya atau Bojonegoro.

Sedangkan jembatan Widang bagian barat yang ambrol biasanya diperuntukkan kendaraan dari arah selatan ke utara menuju Tuban, untuk selanjutnya ke arah Jakarta.


Jalur Alternatif

Dinas Perhubungan Jawa Timur memasang imbauan jalur alternatif bagi kendaraan yang akan melintas di kawasan Lamongan dan Tuban.

"Kami memasang papan pengumuman atau 'banner' imbauan terkait jalur lalu lintas, terutama bagi kendaraan antarkota," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya.

Bagi pengendara antarkota dari arah Surabaya yang melewati tol akan diarahkan melewati jalur Pantura Manyar, Paciran dan Tuban ketika keluar pintu tol Kebomas.

Sedangkan, pengendara yang tidak melintasi tol dari arah Gresik, di jalan arteri sebelum Simpang Tiga pintu keluar Tol Kebomas atau Bunder, juga diberi imbauan yang sama.


Kemudian, dari arah Tuban, tepatnya di Simpang tiga Manunggal telah dipasang "banner" imbauan agar pengendara melewati Jalur Pantura yaitu Paciran, Manyar-Gresik dan Surabaya.

"Pada beberapa persimpangan jalan lain, petugas juga telah disiagakan untuk melakukan sosialisasi agar menggunakan jalan alternatif," ucapnya.

Jembatan Widang yang menghubungkan Kecamatan Babat-Widang atau Kabupaten Lamongan dengan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, ambruk di sisi barat.

Kejadian itu menewaskan dua orang pengemudi truk. Total ada satu truk yang memuat limbah smelter, dua truk tronton muat pasir dan satu sepeda motor terjebur ke sungai. (Antara/pmg)