Sandiaga Jadikan Korban sebagai Duta Miras Oplosan

DHF, CNN Indonesia | Rabu, 18/04/2018 16:57 WIB
Sandiaga Jadikan Korban sebagai Duta Miras Oplosan Wagub DKI Sandiaga Uno menyebut, lewat duta yang diangkat dari korban, Pemprov ingin meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa miras oplosan sangat berbahaya. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut akan menjadikan korban miras oplosan di Semarang, Jawa Tengah sebagai duta miras oplosan di Jakarta.

Sandi menyampaikan, lewat duta miras oplosan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa miras oplosan sangat berbahaya.

"Bahwa miras oplosan bisa merenggut masa depan seorang pengusaha yang sukses, ada di puncak kariernya, tergelincir karena miras oplosan, ini yang saya ingin sebar luaskan sebagai duta," ujar Sandi saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Rabu (18/4).


Sandi menyebut orang yang akan dijadikan duta miras oplosan itu adalah temannya yang juga mantan pengusaha. Dia kehilangan penglihatan sejak tahun 2009 karena mengonsumsi miras oplosan.

Dia juga berharap dengan adanya duta miras oplosan, masyarakat tidak lagi mengonsumsi miras maupun miras oplosan.

Selain mengangkat duta, Pemprov DKI Jakarta juga akan melakukan tindakan tegas terhadap peredaran miras oplosan.

"Untuk meyakinkan masyarakat jangan, apalagi yang baru pertama kali, jangan sampai masuk ke dalam lembah dan akan disesalkan di kemudian hari," tambah Sandi.

Beberapa waktu lalu ada 28 korban meninggal dunia di DKI Jakarta setelah menenggak miras oplosan. Korban tersebar di beberapa wilayah, yakni Jakarta Selatan, Jakarta Timur hingga Depok, dan Bekasi.

Meski belum ada detail minuman yang dikonsumsi korban, Polres Jakarta Timur menjelaskan bahwa korban mengonsumsi minuman berjenis ginseng. (osc)