Wakil Ketua DPRD Minta Anies-Sandi Copot Semua Wali Kota

DHF, CNN Indonesia | Rabu, 18/04/2018 19:38 WIB
Wakil Ketua DPRD Minta Anies-Sandi Copot Semua Wali Kota Selain kinerja, pergantian wali kota dianggap buat peremajaan struktur pemerintahan. Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik menyarankan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta supaya mengganti seluruh wali kota yang ada di Jakarta. Taufik menyatakan kecewa dengan kinerja para wali kota di Jakarta.

"Lihat sendiri coba mana itu wali kota yang hebat banget? Jakarta Barat coba, saya tanya kamu hebat apanya? Hebat tidurnya?" ujar Taufik saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Rabu (18/4).

Selain alasan kinerja, menurut Taufik pergantian wali kota juga bertujuan peremajaan dan regenerasi di tingkat pemerintahan kota.


Ketua DPD DKI Jakarta Partai Gerindra itu mengklaim sudah mengusulkan hal itu kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.


Taufik juga menyarankan Anies-Sandi mencopot pejabat di beberapa dinas di DKI Jakarta, dan mengevaluasi kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Saya kira banyak yang lain tuh, masih perlu dievaluasi. Dinas Olahraga harus dievaluasi, terus Dinas Sosial, kemudian Dinas Kehutanan, Pertamanan, dan Pemakaman. Banyak yg masih harus dievaluasi. Terus Dinas Lingkungan Hidup," lanjutnya.


Taufik memang sempat menyarankan Anies-Sandi merombak pejabat kepala dinas karena ada yang tidak memiliki komitmen terhadap pemerintahan. Dia menyebut Kepala Dinas Perumahan, Kepala Dinas Pendidikan, serta Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik layak diganti. Namun, Sandiaga Uno menolak mengomentari lebih jauh usul itu.

"Saya tidak mau bicara posisi per posisi, ini masih berlangsung. Jangan terlalu berspekulasi," kata Sandi pada Senin (16/4) lalu. (ayp)