Hari Kartini

Cerita Menteri Siti Dandan dari Subuh di Hari Kartini

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Sabtu, 21/04/2018 13:28 WIB
Cerita Menteri Siti Dandan dari Subuh di Hari Kartini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya yang biasa berpenampilan kasual rela berdandan dari subuh demi berpenampilan seperti Kartini. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menceritakan kesibukannya sejak subuh demi bisa seperti Ibu Kartini pagi ini saat menghadiri acara di Istana Bogor.

Dalam peringatan Hari Kartini bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla, Siti memang terlihat berbeda karena ia mengenakan kebaya, rok kain, lengkap dengan sanggulnya.

"Pakaian seperti ini dandannya satu setengah jam. Jadi pukul 05.00 saya abis salat, mandi, sanggulan, make up, dan ganti baju. Enggak nyangka juga," kata Siti, Sabtu (21/4).
Ia bahkan sempat menghitung sendiri waktu ketika didandani dan disanggul sebab jarang melakukannya.


Siti menghadiri peringatan Hari Kartini bersama dua menteri perempuan lainnya yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise kompak mengenakan kebaya.

"Saya bilang coba undangan apa bunyinya? Harus pakaian kartini, berarti kebaya dong. Ya sudah ikut saja," tutur Politikus Partai Nasdem ini.
Ia menyatakan sempat sedikit repot karena biasanya Siti selalu terlihat tanpa ulasan make up mencolok dan hanya mengenakan kemeja putih, kemeja batik, pakaian safari, dan setelan blazer.

Siti menuturkan memang memiliki baju kebaya namun tidak banyak karena jarang sekali dipakai.

"Paling setahun Agustusan aja. Kadang-kadang dua atau tiga tahun baru pakai. Berarti abis ini (Kartini) persiapan Agustusan (Hari Kemerdekaan)," kata Siti.

Kerepotan dan kesibukan Siti sejak subuh akhirnya terbayar dengan menjadi salah satu pemenang pakaian terbaik dan terserasi atas penilaian para istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Solidaritas Istri Era Kabinet Kerja (OASE KK). (stu)