Anies Klaim Inflasi DKI Jakarta Lebih Rendah dari Nasional

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Selasa, 24/04/2018 17:20 WIB
Anies Klaim Inflasi DKI Jakarta Lebih Rendah dari Nasional Gubernur DKI Anies Baswedan menyebut, salah satu penyebab rendanya inflasi di Jakarta, yakni kenaikan tarif listrik yang hanya 4 persen. (CNN Indonesia/Mesha Mediani).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim inflasi di DKI Jakarta pada triwulan pertama lebih rendah dibandingkan dengan inflasi nasional.

"Inflasi di DKI tercatat 3,23 persen, lebih rendah dari inflasi nasional," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Selasa (24/4).

Anies mengaku mendapat laporan bahwa tingkat inflasi di DKI, selama tiga bulan terakhir, mencapai 3,2 persen year on year (yoy). Angka ini lebih rendah dari tingkat inflasi nasional, yang mencapai 3,4 persen year on year (yoy).


Anies menyampaikan salah satu penyebab lebih rendahnya inflasi di Jakarta, yakni kenaikan tarif listrik yang hanya sebesar empat persen. Sementara di skala nasional kenaikan tarif listrik mencapai 11 persen.

Lebih lanjut Anies mengatakan untuk menjaga rendahnya inflasi di Jakarta, Pemprov DKI melakukan sejumlah hal, salah satunya dengan menjaga harga kebutuhan pokok, khususnya menjelang bulan ramadan dan lebaran mendatang.

"Ini masa-masa di mana sering kali kita merasakan kenaikan harga," ujarnya.

Anies berniat mengumpulkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), mulai dari Bulog DKI Jakarta, PD Dharma Jaya Jakarta, PD Pasar Jaya Jakarta, serta Food Station untuk memastikan tidak terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Ada catatan khusus bahwa kita ingin stabilitas harga terjaga di seluruh kawasan DKI, termasuk Kepulauan Seribu," tutur Anies.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Trisno Nugroho berharap rendahnya inflasi di Jakarta bisa terjadi pada triwulan selanjutnya.

Apalagi, kata Trisno, stok kebutuhan pokok di Jakarta saat ini terpantau mencukupi menjelang bulan ramadan.

Trisno berharap DKI Jakarta bisa menjadi barometer rendahnya inflasi bagi daerah lainnya.

"(Semoga) Jakarta bisa menjadi barometer nasional dengan inflasi yang terkendali," kata Trisno. (osc)