Pemprov DKI Berjanji Stok Sembako Jelang Ramadan Aman

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Rabu, 25/04/2018 05:01 WIB
Pemprov DKI Berjanji Stok Sembako Jelang Ramadan Aman Pemprov DKI Jakarta tak bisa mencegah harga sembako naik jelang Ramadan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjamin stok kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan tak bakal terganggu. Menurut mereka, stok sembako yang ada saat ini mencapai lebih dari seratus ribu ton.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional DKI Jakarta-Banten Mansur Siri, mengatakan hingga saat ini stok tersedia adalah 100 ribu ton beras, 400 ton minyak goreng, 60 ribu ton gula, serta 3800 ton daging.

"Itu stok yang kami kuasai yang ada di DKI," kata Mansur di Balai Kota, Jakarta, Selasa (24/4).



Kemudian Direktur PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo juga memastikan pihaknya memiliki stok kebutuhan pokok hingga dua bulan ke depan.

"Kondisi pasar induk Cipinang juga kami laporkan hari ini di atas 40 ribu ton, jauh sangat aman," ujar Arief.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan mereka tidak bisa mengendalikan harga kebutuhan pokok melonjak, tetapi hanya memastikan pasokan kebutuhan cukup.

"Kalau supply (pasokan)nya berjalan baik, maka tidak akan ada implikasi pada kenaikan harga, karena demand (permintaan)nya di Jakarta jelas, siklusnya pun jelas," kata Anies.


Anies memerintahkan SKPD dan BUMD terkait bisa memastikan kelancaran pasokan kebutuhan pokok tersebut.

Sebab, menurut Anies yang paling penting bukanlah mengamankan harga kebutuhan, tetapi justru bagaimana memastikan pasokan kebutuhan pokok ke Jakarta aman.

"Dengan begitu perjalanan kita untuk menyiapkan bulan Mei, Juni bisa berjalan dengan baik," kata Anies. (ayp/ayp)