Jokowi Puji Korps Wanita TNI-Polri Lembut tapi Tegas

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 25/04/2018 09:03 WIB
Jokowi Puji Korps Wanita TNI-Polri Lembut tapi Tegas Presiden Jokowi memuji Korps wanita TNI-Polri. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menilai anggota TNI, Polri, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) perempuan kini semakin terdepan dalam melayani masyarakat.

Menurutnya, hal itu terlihat dari semakin banyaknya anggota perempuan di TNI dan Polri, termasuk yang menduduki posisi-posisi strategis di sana.

"Masyarakat Indonesia telah menyaksikan korps wanita semakin tampil di depan menjalankan fungsi TNI/Polri dan memberi rasa aman," kata Jokowi di Silang Monas, Rabu (25/4).



Hal itu disampaikan Jokowi saat memberi amanat kepada 10 ribu peserta apel bersama seluruh anggota wanita TNI, Polri, gabungan ASN kementerian/lembaga, Satpol PP dan segenap wanita komponen bangsa.

Dalam upacara memperingati Hari Kartini, Jokowi berpendapat peran aparat perempuan begitu nyata dan besar dalam memberi rasa aman serta pelayanan prima kepada masyarakat.

Ia mengatakan ketika ke lapangan kerap melihat langsung peran Polisi Wanita (Polwan) serta anggota TNI perempuan menyikapi masalah.

"Mereka terampil di lapangan. Situasi sulit jadi aman terkendali. Itu kelebihan perempuan. Lembut tapi tegas. Itu yang dibutuhkan bangsa ini," ucap mantan Wali Kota Solo ini.


Presiden turut mengapresiasi pendekatan mereka kepada masyarakat melalui sosial media. Menurutnya, banyak Polwan dan aparat perempuan TNI diidolakan warganet karena viral di media sosial.

Oleh sebab itu, Jokowi berterima kasih kepada seluruh perempuan Indonesia terutama yang berada di jajaran aparat pemerintahan dalam berkontribusi menjaga pertahanan dan keamanan negara.

Ia berpendapat profesionalisme anggota wanita TNI/Polri menjadi inspirasi anak perempuan Indonesia dan menunjukkan ekspresi kasih sayang negara kepada masyarakat.

"Selamat memperingati Hari Kartini 2018 anggota Korps TNI/Polri yang hebat dan berani, tidak gentar pada tantangan penuh risiko dan memilih profesi ini," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.


Jokowi turut mengajak mereka meneruskan semangat Raden Ajeng Kartini dalam membangun keadilan, memajukan bangsa dan negara, serta mengutamakan kepentingan seluruh rakyat di atas kepentingan pribadi.

Pagi tadi, Presiden terlihat hadir mengenakan setelan jas hitam dengan didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Ia pun sempat mengecek kesiapan pasukan. (DAL/pmg)