Peringati Hari Kartini, Jokowi Dikawal Paspampres Perempuan

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 25/04/2018 14:23 WIB
Peringati Hari Kartini, Jokowi Dikawal Paspampres Perempuan Anggota perempuan Paspampres mengawal Presiden Joko Widodo hari ini. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo hari ini terlihat sedikit berbeda. Sedari pagi, Jokowi terlihat dikelilingi anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) perempuan.

Hal ini tampak baru karena biasanya Jokowi dikawal anggota Paspampres laki-laki. Paspampres perempuan biasanya hanya mendampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.


Jokowi hari ini memang menghadiri apel pagi bersama seluruh anggota perempuan TNI, Polri, serta segenap wanita komponen bangsa di Silang Monas.


Di sana terlihat jelas Presiden Jokowi dikawal anggota Paspampres perempuan, yang mengenakan setelan blazer dan dilengkapi kacamata hitam.

Hal itu berlanjut hingga siang tadi ketika Jokowi meresmikan ekspor perdana Mitsubishi Xpander ke Filipina, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sejumlah anggota Paspampres perempuan terlihat berjaga di sekitar Jokowi saat itu. Sedangkan anggota Paspampres laki-laki juga ada, tapi berada di belakang Presiden.


Komandan Paspampres Mayor Jenderal TNI Suhartono mengatakan hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kartini.

"Iya. Itu ide kami saja," ujar Suhartono ketika dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Rabu (25/4).

Menurut Suhartono, pengamanan Presiden oleh anggota perempuan akan diteruskan hingga akhir kegiatan Jokowi di Pemondokan Haji sore ini. (ayp)