Bamsoet Wacanakan Rumah Dinas Anggota Dewan Diganti Tunjangan

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Kamis, 26/04/2018 01:41 WIB
Bamsoet Wacanakan Rumah Dinas Anggota Dewan Diganti Tunjangan (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPR Bambang Soesatyo mewacanakan rumah dinas anggota dewan periode mendatang diganti dengan uang tunjangan. Wacana itu diklaim telah dibahas di tingkat pimpinan DPR dan pimpinan fraksi.

"Menurut hemat kami yang langsung merasakan, jauh lebih efisien kalau rumah dinas tidak lagi diberikan kepada anggota tapi diberikan (uang) pengganti rumah kontrak bagi anggota yang memang tidak tinggal di Jakarta," kata Bambang di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (25/4).

Saat ini, anggota dewan memiliki rumah dinas yang terletak di Kalibata, Jakarta Selatan dan Ulujami, Jakarta Barat.



Menurutnya, uang pengganti tunjangan rumah dinas lebih murah dibanding ongkos pemeliharaan rumah dinas tersebut. Sebab, kata dia, banyak anggota dewan yang tidak menempati rumah dinas.

"Karena memang selain jauh macet, tidak layak juga, karena kan masing-masing anggota DPR keluarga besar," katanya.

Meski demikian, karena masih tataran wacana Bambang mengaku hal ini belum dibicarakan ke pemerintah. Sehingga, dia mengklaim belum mengetahui anggaran yang diperlukan.

"Ini kan baru wacana aja. Besar kecilnya atau iya tidaknya sepenuhnya di tangan pemerintah," katanya.

Bambang juga mengatakan sempat ada wacana pembangunan apartemen seperti yang sempat disampaikan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Namun, karena wacana hal itu juga diklaim belum dibicarakan secara serius di internal maupun dengan pemerintah. (chs/chs)