Saat Mal Sepi, Sandi Bersyukur Trotoar Tanah Abang Penuh PKL

DHF, CNN Indonesia | Jumat, 27/04/2018 16:13 WIB
Saat Mal Sepi, Sandi Bersyukur Trotoar Tanah Abang Penuh PKL Kondisi trotoar di Jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2017). (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bersyukur kondisi Tanah Abang yang makin dipenuhi Pedangan Kaki Lima (PKL). Hal ini menunjukkan bahwa roda perekonomian di kawasan itu masih baik di saat pusat perbelanjaan modern mengalami penurunan.

"Ya alhamdulillah, [saat] banyak mal yang sepi, Tanah Abang semakin ramai. Berarti kita harus menata dengan lebih baik, kita libatkan semuanya," ucap dia, saat ditemui di Pantai Marina, Jakarta Utara, Jumat (27/4).

Hal ini dikatakan menyusul kondisi trotoar di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang kembali dipenuhi oleh PKL menjelang bulan Ramadan.


Ia mengibaratkan Tanah Abang sebagai gula yang dikerubungi para PKL yang seperti semut.

"Iya, waduh, saya bilang ini luar biasa. Makin hari, makin banyak pedagang. Karena Tanah Abang itu kayak gula, jadi semutnya makin banyak," ujar Sandi

Dia berjanji akan berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti Ombudsman RI dan Ditlantas Polda Metro Jaya, untuk segera menertibkan para pedagang.

Sandi juga berharap rencana penataan Tanah Abang tahap kedua akan dapat membenahi masalah tersebut.

Sebelumnya, Koalisi Pejalan Kaki (KoPK) Jakarta kecewa dengan kebijakan Pemprov DKI yang belum mampu membersihkan trotoar dari pedagang pascapenataan tanah Abang.

Padahal, Pemerintah Nomor 34 tahun 2006 tentang Jalan tercantum jelas bahwa trotoar hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki.

(arh/gil)