Festival Budaya Bikin Macet Parah Ruas Sekitar Monas

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Sabtu, 28/04/2018 15:11 WIB
Festival Budaya Bikin Macet Parah Ruas Sekitar Monas Sejumlah ruas jalan di kawasan Jakarta Pusat mengalami kemacetan parah akibat Festival Budaya atau Pesta Rakyat yang berlangsung di Monas, pada Sabtu (28/4). (Foto: CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah ruas jalan di sekitar Monumen Nasional mengalami kemacetan parah akibat Festival Budaya atau Pesta Rakyat yang diselenggarakan di Monas, Jakarta Pusat sejak Sabtu (28/4) pagi. Festival bertajuk 'Untukmu Indonesia' itu tampak riuh dengan dihadiri kurang lebih ribuan warga.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, antrian kendaraan mengular sepanjang Jalan Stasiun Senen, Jalan Kramat Raya, Jalan Gunung Sahari dan Jalan Letjen Suprapto. Arah Senen menuju Salemba dan Kampung Melayu maupun Senen menuju Cempaka Putih dan Pulo Gadung pun macet parah. Kecepatan kendaraan maksimal adalah lima kilometer per jam.

"Hari biasa saja nggak gini-gini amat," ujar Eko, salah seorang pengendara mobil.



Kemacetan juga diinfokan melalui akun Twitter Traffic Management Center Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro.

Pukul 13:55 WIB, polisi telah mengatur lalu lintas di lampu merah Salemba arah Gunung Sahari. TMC Polda menyebut kawasan itu terpantau padat imbas festival di Monas. Tak hanya di sana, lalin Tugu Tani arah ke Gambir lalin pun juga disebutkan padat.



Imbas keramaian pesta rakyat di Monas ini juga membuat PT Transjakarta melakukan pengalihan rute yang dilalui.

"INFO | Rute 6H: Lebak Bulus-Senen sementara mengalami pengalihan rute terkait adanya acara pesta rakyat di kawasan Monas. Untuk sementara tidak melewati plang bus stop Menteng s/d Wahidin," kata akun Twitter @PT_Transjakarta.



Koridor 2 Harmoni-Pulogadung juga sementara mengalami pengalihan rute terkait adanya acara Pesta Rakyat di kawasan Monas itu. Untuk sementara, bus tidak melewati Halte Monas, Balai Kota, Gambir 2 dan Kwitang. Sementara, untuk Pulogadung-Harmoni, sementara mengalami pengalihan dengan tidak melewati Halte Atrium sampai halte Istiqlal.


Sebelumnya disebutkan Festival Kebudayaan yang berlangsung di Monas juga membagi-bagi sembako gratis untuk masyarakat. Mereka yang datang menerima kupon untuk mendapatkan sembako gratis. (rah/rah)