Menhub: Jalan Non Tol Layak Dilalui Pemudik

ANTARA, CNN Indonesia | Minggu, 29/04/2018 10:20 WIB
Menhub: Jalan Non Tol Layak Dilalui Pemudik Ratusan kendaraan terjebak kemacetan menjelang Gerbang Tol Kaligangsa yang mengarah ke Jalan Tol Fungsional Brebes-Batang di Brebes, Jawa Tengah pada mudik Lebaran 2017. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan jalan nasional non tol yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya, baik jalur utara maupun selatan, layak dilalui pemudik Lebaran pada tahun ini.

Jalan nasional non tol yang dimaksud adalah yang menelusuri Jakarta menuju Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya.

"Jalan nasional non tol siap dilalui pemudik dengan kondisi yang bagus dan aman dilalui," kata Budi di hadapan media yang meliput acara pelepasan 'Touring Sepeda Mudik Lebaran' pada Minggu (29/4).


Budi lanjut mengatakan selain jalan tol pemerintah juga terus menggeber perbaikan di jalan nasional non tol menjelang arus mudik pada pertengahan Juni mendatang.

"Pemudik juga diimbau bisa melalui jalan nasional non tol yang aman dan bagus kondisinya," ujar Budi.

Imbauan untuk melalui jalan non tol, kata Budi, juga untuk memecah kepadatan pemudik di jalan tol.

Acara 'Touring Sepeda Mudik Lebaran' yang berakhir di Surabaya itu nantinya juga untuk membuktikan bahwa kondisi jalan non tol sepanjang Jawa Tengah dan Jawa Timur layak dilalui.

Selain itu touring sepeda ini juga bertujuan mengampanyekan keselamatan mengemudi jelang arus mudik Lebaran dengan melalui Cirebon, Semarang, Solo dan berakhir di Surabaya tanggal 4 Mei 2018.

(ard)