Respons Jokowi, Sandi Bakal Pamer Bus Listrik di Asian Games

DHF, CNN Indonesia | Rabu, 02/05/2018 13:36 WIB
Respons Jokowi, Sandi Bakal Pamer Bus Listrik di Asian Games Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menyebut telah menginstruksikan bawahannya untuk mendorong Jakarta beralih menggunakan transportasi berbahan bakar listrik. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno merespons pidato Presiden Joko Widodo yang meminta agar transportasi ibu kota beralih ke tenaga listrik. Dia berjanji akan memamerkan bus listrik Transjakarta pada gelaran Asian Games 2018 yang berlangsung 18 Agustus hingga 2 September 2018.

"Kita ingin mudah-mudahan bisa sesuai ketentuan menghadirkan bis-bis terkini saat Asian Games sebagai showcase dulu. Di beberapa segmen daripada rute tersebut dan ini memenuhi permintaan Presiden," tutur Sandi saat ditemui di Gedung Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta, Rabu (2/5).

Sandi mengaku langsung mengomunikasikan permintaan Jokowi ke Direktur Utama Transjakarta. Dia mendukung Jakarta beralih ke transportasi listrik ramah lingkungan seperti Shenzen, China, yang sudah seratus persen menggunakan transportasi bertenaga listrik.


"Jadi birokasi zaman now, Presiden perintah di atas panggung ke saya. Saya langsung WA CEO Transjakarta. Transjakarta langsung berkoordinasi dengan pihak vendor," ucapnya.

Jokowi sebelumnya mengingatkan semua pihak terutama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno menganai peralihan penggunaan kendaraan bahan bakar minyak ke bahan bakar listrik di sejumlah negara.

Presiden lantas mencontohkan peralihan yang terjadi di China sejak 2017. Menurut Jokowi, China telah mengganti 6.300 bus kota menjadi bus listrik dan akan terus dilakukan tiap tahun terhadap 100 ribu bus kota.

"Dimulai Jakarta dulu, ganti busnya yang listrik. Fenomena bus listrik mulai menjalar ke negara lain di dunia. Sebentar lagi Jakarta. Tapi terserah Pak Gubernur dan Wakil Gubernur," kata Jokowi di JCC, Rabu (2/5). (wis)