Edy Rahmayadi Perjuangkan Mutu Pendidikan di Sumut

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 03/05/2018 17:43 WIB
Edy Rahmayadi Perjuangkan Mutu Pendidikan di Sumut Calon gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sumatera Utara. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sumatera Utara.

Hal itu terkait Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap 2 Mei. Dia menuturkan pihaknya memprihatinkan mutu pendidikan di Sumatera Utara.

Edy berpasangan dengan Musa Rajekshah untuk Pilkada di Sumatera Utara.


"Di era globalisasi saat ini, kondisi mutu pendidikan cukup memprihatinkan. Masih banyak anak-anak yang putus sekolah dikarenakan masalah perekonomian. Ini ironi di tengah limpah potensi sumber daya alam di Sumatera Utara," katanya.


Di provinsi itu, sepanjang 2017 angka putus sekolah mencapai angka 13.703 anak. Rinciannya antara lain tingkat SMA/MA mencapai 3.501 siswa; SMP/MTs adalah 5.003 siswa; serta SD/MI angka putus sekolah mencapai 5.199 siswa.

"Ini keprihatinan bagi semua termasuk saya pribadi," kata Edy.

Meningkatkan Mutu

Oleh karena itu, kata dia, peringatan Hardiknas itu harus dijadikan momentum bagi semua pihak untuk lebih nyata meningkatkan mutu pendidikan. Misalnya, pemerintah harus bisa menjamin kesetaraan sarana dan prasarana pendidikan.

Di sisi lain, dia menjelaskan mengapa ilmu lebih penting dibandingkan dengan harta. 

"Jika ilmu menguasai harta, maka akan menjadi mulia. Sementara itu, jika harta menguasai ilmu, maka dua perkara ini akan menjadi hina dina," kata Edy.

(asa)