PAN: Amien Rais dan Zulkifli Hasan Bakal Satu Suara

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Sabtu, 12/05/2018 18:11 WIB
PAN: Amien Rais dan Zulkifli Hasan Bakal Satu Suara Amien Rais dan Zulkifli Hasan selama ini kerap berbeda pendapat dalam pandangan politik. Namun keduanya diprediksi akan satu suara untuk PAN menghadapi pilpres. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dan Ketua Umum Zulkifli Hasan disebut bakal satu suara, meski selama ini kerap berbeda pendapat dalam menyikapi persoalan politik, termasuk untuk Pilpres 2019.

"Pada akhirnya nanti pak Amien dan pak Zul akan satu suara. Siapa yang kita usung akan diputuskan rakernas, tapi akan disepakati bersama-sama oleh pak Amien Rais dan pak Zulkifli Hasan," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno di Jakarta, Sabtu (12/5).

Amien dan Zulkifli kerap kali melontarkan pernyataan politik yang berbeda. Salah satunya adalah sikap Amien yang mengatakan PAN tidak bakal mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019.


Tak hanya itu, Amien pun sempat menyebut Zulkifli sedang bersandiwara karena saat ini mendukung Jokowi dan membuka peluang bergabung ke koalisi partai pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.
Mengenai hal tersebut, Eddy mengatakan pernyataan-pernyataan Amien tetap dipertimbangkan PAN sebelum pengambilan keputusan.

"Apa yang dikemukakan oleh pak Amien merupakan pertimbangan yang signifikan sangat serius untuk kami, untuk kami cerna, sebelum kami membuat keputusan," katanya.

Keputusan PAN, kata dia, nantinya selain mempertimbangkan pendapat Amien, juga mengkaji hasil komunikasi yang dilakukan terhadap tokoh-tokoh maupun partai politik sebelum rakernas berlangsung.
Meski demikian, Eddy enggan menyebut PAN tersandera dalam menentukan sikap dan langkah politik karena pernyataan atau pendapat Amien.

"Saya tidak mau menggunakan kata tersandera karena itu tendensius, tetapi sebagaimana tadi saya sampaikan, apa yang disampaikan pak Amien adalah masukan yang kita akan pertimbangkan secara serius," ujar Eddy. (osc/osc)