Gegana Musnahkan Tiga Truk Sisa Bom di Sidoarjo dan Surabaya

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Rabu, 16/05/2018 19:45 WIB
Gegana Musnahkan Tiga Truk Sisa Bom di Sidoarjo dan Surabaya Tim Gegana Polda Jawa Timur memusnahkan sisa barang bukti berupa bom yang disita dari tiga pelaku teror bom di Sidoarjo dan Surabaya. (Foto: CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Gegana Polda Jawa Timur memusnahkan sisa barang bukti berupa bom yang disita dari tiga pelaku teror bom di Sidoarjo dan Surabaya.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Komisaris Besar Frans Barung Mangera mengatakan pemusnahan barang bukti sebanyak tiga truk itu dilakukan di Pusdik Brimob Watukosek Mojokerto tadi pagi usai disimpan di Mako Brimob Medaeng.

"Karena terlalu banyak barbuk (barang bukti) yang ada di Medaeng pada jam 10.15 WIB bertempat di Watu Kosek, Pusdikkrimum dimusnahkan sekitar 3 truk," kata Barung di Mapolda Jawa Timur, Rabu (16/5).



Barung mengatakan dari sejumlah barang bukti yang dimusnahkan, bahan pembuatan bom racikan paling banyak ditemukan.

Sebelumnya, tim Gegana telah memusnahkan 15 buah bom aktif dan 3 bom ransel di rumah terduga pelaku teror bom Gereja Pantekosta, Dita Oepriarto.

Di rumah kontrakan Tri Murtiono terduga pelaku teror di Mapolrestabes Surabaya, tim Gegana juga mengamankan empat bom pipa, dua bom aktif, dan sejumlah peralatan pendukung seperti alat timbang, kabel, baterai, dan detonator.


Sedangkan, di lokasi ketiga di rumah Anton Ferdiantono, terduga pelaku bom di Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo didapatkan satu bom aktif.

Diketahui, bom meledak di tiga gereja di Surabaya pada Minggu sehingga mengakibatkan sedikitnya 13 orang tewas dan puluhan luka-luka. Malam harinya, bom kembali meledak di Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo yang mengakibatkan korban tewas dan luka-luka. (asa)