Lepas Saham Bir, DPRD Sebut Anies Hanya Lunasi Janji Kampanye

DHF, CNN Indonesia | Rabu, 16/05/2018 20:43 WIB
Lepas Saham Bir, DPRD Sebut Anies Hanya Lunasi Janji Kampanye DPRD DKI menyayangkan keputusan Anies-Sandia yang melepas saham produsen bir PT Delta Djakarta. Keputusan ini disebut hanya untuk lunasi janji kampanye mereka. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- DPRD DKI Jakarta menyayangkan keputusan Gubernur dan Wakil Gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno melepas saham di perusahaan bir PT Delta Djakarta, milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.  Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi menilai pelepasan saham produsen bir ini hanya untuk melunasi janji kampanye mereka sewaktu Pilgub DKI 2017.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi keputusan itu disayangkan karena sumbangan dividen perusahaan tersebut bagi Pemprov DKI mencapai Rp40 miliar.

"Saya menyayangkan keputusan itu. Mengingat perusahaan tersebut telah memberikan dividen cukup besar setiap tahunnya dan berkontribusi terhadap PAD (pendapatan asli daerah)," kata Edi saat dihubungi wartawan via pesan singkat, Rabu (16/5).
Edi menyebut harusnya keputusan ini dikaji secara mendalam. Kemudian, Pemprov DKI harus melibatkan DPRD dalam pembahasan sebelum mengumumkan keputusan pelepasan saham tersebut.


Dihubungi terpisah, Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Demokrat Santoso senada dengan pendapat Edi. Bahkan dia menilai keputusan ini hanya sebagai pelunasan janji kampanye Anies-Sandi saat PilguB DKI 2017.

"Ya namanya janji kampanye kan janji bisa dilaksanakan kalau itu memang merupakan aspirasi masyarakat yang memang dibutuhkan," lanjutnya.

Lebih jauh Santoso menyebut harusnya Pemprov DKI Jakarta terlebih dulu mengirim surat ke DPRD terkait rencana itu. Lalu pelepasan saham akan dibahas di rapat paripurna.
Santoso menilai pelepasan ini belum resmi karena langkah-langkah tadi belum dilakukan oleh Anies-Sandi.

"Pasti di paripurna, tapi perda. (Keputusan pelepasan saham) berupa perda," tuturnya.

Sebelumnya, Anies-Sandi mengumumkan telah membulatkan tekad untuk melepas 26,25 persen saham PT Delta Djakarta. Mereka menaksir akan mendapat Rp1 triliun dari penjualan saham ini.

Penjualan saham ini memang menjadi salah satu janji kampanye Anies-Sandi dalam Pilgub DKI 2017 lalu.

"Ini sebagian aspirasi dari masyarakat yang telah kami kumpulkan selama kampanye. Tentu nanti tim yang akan memformulasikan [penjualan saham]," kata Sandi di DPW PKS, Jakarta Pusat, 27 April 2017 silam. (osc)