Jual Saham Perusahaan Bir, Anies-Sandi Pilih Cari Duit Halal

DHF, CNN Indonesia | Kamis, 17/05/2018 12:09 WIB
Jual Saham Perusahaan Bir, Anies-Sandi Pilih Cari Duit Halal Meski perusahaan bir Anker meyumbang deviden besar, Sandiaga Uno dan Anies Baswedan memilih cari keuntungan halal untuk pemprov DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjelaskan alasan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjual 26,25 persen saham di PT Delta Djakarta karena ingin mendapat duit halal.

"Kita ingin tentunya kita mendapatkan dividen yang halalan toyiban," ujar Sandi di Balai Kota Jakarta, Kamis (17/5).

Sandi mengaku sadar perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) produsen Bir Anker itu menyumbang untung atau dividen ke Pemprov DKI Jakarta cukup besar.



Tahun 2017, PT Delta Djakarta memberi dividen Rp40 miliar. Menurut Sandi selama lima tahun ke belakang perusahaan tersebut rata-rata memberi deviden Rp38 miliar.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra berdalih dengan menjual saham PT Delta Djakarta, Pemprov DKI Jakarta bisa mendapat dana langsung senilai lebih dari Rp1 triliun untuk keperluan banyak program.

"Rp1 triliun itu bisa membangun enam puluh gedung sekolah, bisa membangun satu atau dua sekolah taraf internasional, bisa membuka lapangan kerja dengan menghasilkan lokasi-lokasi yang menampung PKL," klaim Sandi.


Anies-Sandi memutuskan melepas 26,25 persen di PT Delta Djakarta. Meski begitu mereka belum menyurati dan berencana membahasnya lewat Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta.

DPRD DKI Jakarta menyayangkan keputusan itu. Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Demokrat Santoso menilai keputusan ini hanya sebagai pelunasan janji kampanye Anies-Sandi saat Pilgub DKI 2017.

"Ya namanya janji kampanye kan janji bisa dilaksanakan kalau itu memang merupakan aspirasi masyarakat yang memang dibutuhkan," lanjutnya.

(DAL)