FOTO: Buka Puasa Pertama Ala Warga Ibu Kota

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 17/05/2018 21:11 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di Jakarta ada kalanya berbuka puasa dilakukan dalam ketergesaan, di tengah-tengah menanti transportasi umum, atau dalam jebakan kemacetan.

Mulai hari ini, 17 Mei 2018, umat muslim di Indonesia menjalankan ibadah puasa. Di tengah kepadatan dan keriuhan Jakarta, banyak yang harus berbuka puasa di jalanan, misalnya saja di jalan kawasan plaza Semanggi ini. Seporsi nasi goreng hangat pun menjadi pilihan untuk makanan berbuka. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Beberapa makanan disarankan untuk menjadi menu berbuka dan mengganti energi yang hilang seharian, misalnya saja kurma, madu, pisang, apel atau ubi jalar. Hanya saja tentu tak semua mudah ditemukan di penjaja pinggir jalan, sehingga alternatif lain pun bisa dicoba. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Di bulan puasa di Indonesia, sore hari menjadi waktu yang sangat riuh dengan berbagai penjaja makanan kecil memadati jalanan berbagai kota. Mulai dari kolak pisang, es buah, goreng-gorengan, hingga minuman bersoda dijajakan untuk memikat mereka yang mencari alternatif buka puasa. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Para pengemudi ojek daring (ojol) adalah salah satu kelompok masyarakat yang akan menghabiskan buka puasa mereka dengan jajanan di pinggir jalan. Mereka hanya punya sedikit waktu beristirahat sebelum harus kembali mengantar penumpang ke rumah. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ada kalanya berbuka pun dilakukan dalam ketergesaan, di sela-sela mengejar bus Transjakarta atau moda transportasi lainnya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Bulan puasa sendiri menjadi berkah bagi para pedagang makanan, baik yang berada di pinggir jalan maupun di restoran. Kebiasaan berbuka di luar rumah membuat mereka kecipratan rezeki. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Bukan hanya di pinggir jalan, para penumpang KRL komuterline pun berbuka puasa di sela-sela aktivitas mereka menunggu jadwal keberangkatan di Stasiun Jakarta Kota. Memilih berbuka di tempat lain berarti merelakan sampai di rumah lebih malam. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
(CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Satu alternatif yang bisa dipilih bagi Anda yang berada di jalan ketika waktu berbuka puasa tiba adalah masjid yang biasanya menyediakan takjil. Misalnya saja di Istiqlal yang setiap harinya membagikan ribuan porsi makanan pembuka bagi penduduk ibu kota. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Berdasarkan keterangan petugas, selama Ramadan panitia Masjid Istiqlal menyediakan takjil sekitar 3.500 porsi untuk Senin hingga Kamis, dan jumlah ini bertambah menjadi 4.500-6.000 porsi pada Jumat hingga Minggu. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Untuk menyediakan takjil selama 30 hari, panitia Masjid Istiqlal memperkirakan dana yang harus disiapkan mencapai Rp3,5 Miliar. Dana ini berasal juga dari sumbangan masyarakat. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Sepasang muda-mudi di kawasan Sabang, Jakarta, Kamis (17/5), sebelum berbuka puasa di hari pertama. Sabang yang dikenal sebagai salah satu tempat dengan banyak pilihan wisata kuliner pun bisa menjadi alternatif bagi Anda yang berada di area sana dan tak bisa tiba di rumah tepat waktu. (CNNIndonesia/Safir Makki)