Menko PMK Gelar Rapat Sinergi Terkait Keamanan Asian Games

RBC, CNN Indonesia | Jumat, 18/05/2018 02:45 WIB
Menko PMK Gelar Rapat Sinergi Terkait Keamanan Asian Games Untuk menyamakan visi dan misi terkait keamanan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Menko PMK gelar rapat sinergi dengan Kemenkopolhukam. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menggelar rapat sinergi dengan Kementrian Politik, Hukum, dan Keamanan di kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (17/5) siang.

Puan menyebut rapat tersebut bertujuan untuk menyamakan visi dan misi terkait penanganan keamanan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang yang akan dimulai sekitar tiga bulan lagi.

Ketua Koordinator Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP itu beranggapan bahwa keamanan yang baik akan menghasilkan optimisme dari masyarakat lokal maupun dunia internasional.



"Sehingga bisa memberikan optimisme kepada [pihak] dalam negeri dan juga tentu saja [pihak] internasional," ujarnya.

Ia menyatakan dalam hal ini diperlukan sinergi antara berbagai kementrian, lembaga, Tentara Republik Indonesia (TNI), dan Polisi Republik Indonesia (POLRI).

Dalam rapat yang bersifat tertutup tersebut, turut hadir di antaranya Wakapolri Syafruddin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius.


Di awal rapat, Puan mengatakan terdapat enam poin yang dibahas berkaitan dengan objek pengamanan, dan bertujuan untuk menyukseskan Asian Games 2018. Keenam poin ini, kata dia, akan ditindaklanjuti bersama-sama untuk bisa kemudian menguatkan atau menyukseskan Asian Games. (rah/rah)