Gegana Ledakkan Benda Diduga Bom di Gerbang Tol Sidoarjo

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 18/05/2018 17:38 WIB
Tim Penjinak Bom meledakkan benda yang mencurigakan yang dibuang oleh seornag pengendara di pintu tol Sidoarjo, Jawa Timur. Ilustrasi tim penjinak bom. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satuan Penjinak Bom (Jibom) Gegana Polri melakukan peledakan terhadap barang yang diduga bom yang dibuang di Pintu Tol Sidoarjo. Aparat melakukan tindakan disposal atau pemusnahan. Hingga kini, situasi sudah aman dan kondusif.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Himawan Bayu Aji membenarkan peristiwa tersebut. Peledakan dilakukan setelah ada analisis dari tim Penjinak Bom alais Gegana.

"Hanya ada satu [barang diduga bom] yang dibuang di pintu nomor tujuh. Dan sekarang sudah berhasil dicerai-berai," ucapnya, kepada pewarta, Jumat (18/5) siang.


Menurutnya, kecurigaan atas barang diduga bom itu bermula dari rekaman CCTV di sekitar pintu Tol. Ditengarai, ada seseorang membuang barang tersebut. Hingga kini, pihaknya masih melakukan penelusuran lebih jauh terhadap pihak tersebut.

"Benar, dan pihak kepolisian saat ini masih mendalami orang yang diduga membuang barang mirip bom tersebut," kata Himawan.

Informasi temuan barang diduga bom itu pertama kali diketahui petugas tol Sidoarjo dari seorang pengendara. Bahwa, ada sesuatu yang diduga mirip bom dibuang oleh pengendara lain di sekitaran pintu masuk tol sekitar pukul 11.30 WIB.


"Pengendara yang ada di belakang mobil sedan memberitahukan kami bahwa ada sebuah mobil sedan yang melempar sebuah benda [diduga bom] di dekat loket pembayaran," ujar petugas keamanan Tol Sidoarjo, Munir Sundoro kepada awak media. Mengetahui hal itu, petugas tol langsung menghubungi pihak kepolisian.

Hingga berita ini diturunkan, akses pintu masuk tol Sidoarjo jurusan Porong sudah berhasil dilewati. Dan petugas kepolisian masih terlihat berjaga-jaga dilokasi kejadian. (dik/arh)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK