FOTO : Aksi Refleksi 20 Tahun Reformasi

Andry Novelino, CNN Indonesia | Senin, 21/05/2018 20:53 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan massa HMI melakukan aksi merefleksi 20 tahun reformasi di seberang Istana Merdeka. Aksi itu diwarnai ricuh massa dan petugas, serta pembakaran ban.

Sejumlah mahasiswa dari elemen HMI melakukan aksi Refleksi 20 tahun Reformasi di depan Istana Negara, Senin, 21 Mei 2018. Dalam aksi tersebut mahasiswa mengkritik pemerintahan Joko Widodo soal ekonomi hingga keamanan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Aksi itu digelar massa mahasiswa sebagai bagian dari refleksi reformasi yang genap berjalan dua dekade sejak Mei 1998 silam. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dalam aksi tersebut mahasiswa mengkritik pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dinilai gagal menjaga stabilitas ekonomi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Pelaku aksi juga mempertanyakan kinerja Badan Intelijen Negara (BIN) yang dipimpin Budi Gunawan terkait rentetan aksi teror beberapa waktu terakhir. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Aksi itu memanas setelah para demonstan membakar ban mendekati ujung kegiatan mereka. Aparat pun bersiaga. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Petugas lalu berbuat sigap dengan berupaya memadamkan api yang membakar ban yang dikobarkan dengan sengaja oleh para mahasiswa pelaku aksi Refleksi 20 tahun Reformasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sejak awal polisi telah menegaskan kepada para pelaku aksi agar tidak melakukan tindakan berujung kericuhan dalam aksi Refleksi 20 tahun Reformasi, termasuk membakar ban. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Polisi berupaya memadamkan api yang membakar ban yang dibawa para mahasiswa pelaku aksi Refleksi 20 tahun Reformasi.  (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sejumlah mahasiswa menggotong rekan mereka yang terjatuh di tengah aksi Refleksi 20 tahun Reformasi di seberang Istana Kepresidenan, Jakarta, 21 Mei 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Polisi mencoba membubarkan massa yang tetap melakukan pembakaran ban dalam aksi Refleksi 20 tahun Reformasi di seberang Istana Kepresidenan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Seorang mahasiswa pelaku aksi mendapatkan aksi pengamanan dari polisi yang menjaga aksi Refleksi 20 tahun Reformasi di depan Istana Kepresidenan, 21 Mei 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sisa ban yang dibakar mahasiswa dalam aksi Refleksi 20 tahun Reformasi di seberang Istana Kepresidenan, Jakarta, 21 Mei 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)