Pengemis Musiman Menjamur, Sandi Minta Warga Tak Asal Sedekah

Dhio Faiz, CNN Indonesia | Rabu, 23/05/2018 12:27 WIB
Pengemis Musiman Menjamur, Sandi Minta Warga Tak Asal Sedekah Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno meminta masyarakat menyalurkan sedekahnya ke lembaga yang sudah dikenal publik. (CNN Indonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut mulai banyak warga pendatang yang mencari pekerjaan di Jakarta saat bulan Ramadan. Namun dia menyayangkan banyak yang memilih profesi sebagai pengemis.

"Banyak juga (pendatang) yang berprofesi sebagai peminta-minta dan mereka bisa mengumpulkan dana yang luar biasa," kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Rabu (23/5).

Sandi menyampaikan pengemis musiman yang menjamur ini disebabkan oleh masih banyaknya warga Jakarta yang bersedekah kepada mereka.


Dia pun meminta warga Jakarta untuk tidak bersedekah secara sembarangan. Sandi menyarankan agar warga menyalurkan kepeduliannya lewat lembaga yang berkompetensi seperti Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap, atau Rumah Yatim.

"Saya imbau kepada warga untuk tidak memberikan karena, kan, kalau memberikan semakin banyak yang datang," tuturnya.

Dia juga meminta pada warga dari luar Jakarta untuk tidak modal nekat saat mengadu nasib di ibu kota.

Para warga pendatang harus memiliki skill agar bisa bersaing di Jakarta. 

Untuk itu, Sandi pun meminta pemerintah di daerah lain untuk menyiapkan kemampuan warganya sebelum datang ke Jakarta.

"Karena kalau datang ke Jakarta tanpa skill itu akan sangat susah untuk bersaing. Pelatihan harus dilakukan baik di hulunya baik di daerah-daerah itu," ujar Sandi.

(wis)