Jokowi Sambut Baik Rencana Pertemuan dan Koalisi SBY-Prabowo

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 23/05/2018 19:53 WIB
Jokowi Sambut Baik Rencana Pertemuan dan Koalisi SBY-Prabowo Presiden Joko Widodo menyambut baik jika dua partai pimpinan SBY dan Prabowo Subianto berkoalisi. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menyambut baik rencana pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Pertemuan setiap tokoh politik saya kira baik untuk negara ini," kata Jokowi di Gedung DPD I DKI Jakarta Partai Golkar, Rabu (23/5).

Rencana pertemuan kedua ketua umum ini disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik. Menurutnya, pertemuan dilaksanakan usai Ramadan.



Jokowi belum mengetahui tujuan dan isi pembicaraan antara SBY dan Prabowo dalam pertemuan itu, termasuk kemungkinan membicarakan koalisi dalam pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Terpisah, Jokowi juga menyambut baik apabila nantinya dua partai yang saat ini di luar pemerintahan bisa berkoalisi dalam pilpres tahun depan.

"Juga sangat bagus," jawabnya singkat sambil tertawa.

Saat ini, tujuh partai politik peserta pemilu mendukung Jokowi dalam pilpres mendatang. Mereka ialah PDI Perjuangan, Golkar, Hanura, Nasdem, PPP, Perindo, dan PSI.


PKB menyatakan bakal mendukung mantan Wali Kota Solo ini jika calon wakil presidennya adalah Ketua Umum Muhaimin Iskandar.

Sementara itu, Partai Gerindra telah memberi mandat Prabowo untuk kembali maju menjadi calon presiden.

PKS dan Partai Demokrat hingga saat ini masih belum memutuskan atau memberikan dukungan kepada satu tokoh untuk bertarung dalam pilpres 2019. (pmg/pmg)