Kapolri Naikkan Empat Status Polda Jadi Tipe A

CTR, CNN Indonesia | Kamis, 24/05/2018 13:48 WIB
Kapolri Naikkan Empat Status Polda Jadi Tipe A Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Mohammad Iqbal, di Jakarta, beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Empat Kepolisian Daerah (Polda) naik status dari Tipe B menjadi Tipe A. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Muhammad Iqbal mengatakan empat polda itu ada yang diresmikan hari ini, Kamis (24/5).

"Ada empat Polda naik dari tipe B menjadi tipe A, yaitu Polda Jambi, Kalsel, Kalteng dan NTB," kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/5).

Iqbal menerangkan peresmian Polda Kalimantan Tengah di Palangkaraya dengan inspektur upacara Kapolri. Peresmian peningkatan status tipe Polda Kalimantan Selatan di Banjarmasin dengan inspektur upacara Wakapolri hari ini.


"Namun Polda Jambi peresmiannya tanggal 25 Mei. Sedangkan Polda NTB tanggal 30 Mei mendatang," ucap dia.

Diketahui ada tiga jenis tipe polda yakni Tipe A-K (A+), Tipe A dan Tipe B. Tipe A-K (A+) hanya dimiliki oleh Polda Metro Jaya.

Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto mengatakan penaikan status sudah diurus sejak lama.


"Menaikkan tipe sebuah Polda harus melalui pengecekan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)," kata dia.

Dalam pengecekan tersebut, lanjut Setyo, KemenPAN-RB bakal melihat pelayanan masyarakat keempat Polda. Pelayanan jadi salah satu poin kelayakan untuk ditingkatkan menjadi tipe A.

"Selain itu, penilaian juga dilakukan terkait dengan eskalasi ancaman, luas wilayah, dan jumlah penduduk," tutup dia.

(arh/sur)