FOTO: Merayakan Waisak di Sudut Kota Jakarta

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Selasa, 29/05/2018 21:09 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah umat Buddha melakukan sembahyang pada perayaan Tri Suci Waisak di Wihara Dhammacakka Jaya, Sunter, Jakarta Utara.

Seorang perempuan mengunjungi Wihara Dhammacakka Jaya, Jakarta untuk perayaan Tri Suci Waisak, Selasa, 29 Mei 2018. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Wihara yang berlokasi di daerah Sunter, Jakarta Utara ini didirikan dengan harapan untuk menjadi mother temple atau wihara induk bagi wihara-wihara Theravada lain di Indonesia. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Dalam sejarahnya, Wihara ini pendiriannya dirintis sejak awal 1980an yang digagas Biksu Sombat. Hal itu diimpikannya karena di Jakara belum ada wihara yang sesuai bagi biksu Theravada seperti dirinya. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Wihara ini resmi digunakan sejak 1985 yang ditandai upacara dan penandatanganan prasasti oleh Menteri Agama RI kala itu, Munawir Sjadzali. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Pada perayaan Tri Suci Waisak 2562 BE, umat Buddha doa bersama untuk menjaga kebersamaan dalam keberagaman serta perdamaian di Indonesia. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Salah satu yang menarik dari wihara ini adalah Buddha Rupang (patung Buddha). Saat akan dibuat ada perdebatan bentuknya akan mengikuti seperti di Candi Borobudur atau Thailand. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Keputusan mengenai bentuk Buddha Rupang mengikuti yang ada di Candi Borobudur berdasarkan imbauan dari Putri Raja Thailand Mahā Chakri Sirindhorn yang berkunjung. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Waisak dirayakan umat Buddha untuk memperingati tiga peristiwa penting yaitu lahirnya Pangeran Siddharta pada 623 SM, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di usia 35 tahun pada 588 SM, dan Buddha Gautama parinibbana (wafat) di usia 80 pada 543 SM. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Pada perayaan Tri Suci Waisak 2562 BE, umat Buddha doa bersama untuk menjaga kebersamaan dalam keberagaman serta perdamaian di Indonesia. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)