Tangkap Warga Sidoarjo, Densus Minta Warga Masuk Rumah

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 30/05/2018 20:34 WIB
Tangkap Warga Sidoarjo, Densus Minta Warga Masuk Rumah Ilustrasi penangkapan terduga teroris. (ANTARA FOTO/Risky Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Detasemen Khusus 88/Antiteror Polri menangkap seorang warga, IB (56), di jalan raya wisma Tropodo, Desa Tropodo, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Rabu (30/5) sekitar pukul 12.00 WIB.

Menurut warga setempat, Syaikhul Hadi, IB diamankan di sekitar Masjid Darussalam di kawasan tersebut.

Suasana lokasi penangkapan, katanya, mendadak riuh saat petugas berseragam lengkap dengan senjata Laras panjangnya menangkap IB. Penangkapan itu berlangsung cepat.


"Ada seorang warga ditangkap Densus. Sepertinya teroris," kata Syaikul Hadi, warga setempat, Rabu (30/5).

IB diamankan petugas dan sempat dibawa ke rumahnya yang tak jauh dari lokasi penangkapan.

"Ya, mas, tadi yang bersangkutan [IB] dibawa mobil oleh anggota, kemudian dibawa pulang dan terus dibawa lagi dengan mobil," katanya.

Saat penangkapan tersebut, warga sempat diminta untuk masuk ke rumah masing-masing dan menutup pintu. Seluruh area dikawasan setempat sempat dilakukan sterilisasi. Bahkan, tidak sedikit pengendara yang hendak melintasi kawasan tersebut diberhentikan sejauh beberapa meter dari lokasi kejadian.

"Tetangga kanan kiri, depan rumah semuanya dijaga anggota Tim Densus dan tidak boleh keluar. Semua tetangga kanan kiri diminta masuk dan menutup pintu rumahnya," terang Syaikhul.

Sementara, Kepala Desa Tropodo, Yusuf, mengaku belum mengetahui betul atas penangkapan tersebut. Ia hanya diberitahu salah satu petugas setempat jika warganya sudah ditangkap.

"Saya enggak tahu, Pak. Barusan saya juga dikabari sama polisi kalau ada warga perumahan ditangkap Densus 88," kata warga tersebut. 

Saat ini, IB sudah diamankan dan dibawa petugas Densus 88 Anti Teror. (dik)