Demokrat Yakin Tuan Guru Bajang Tidak Terlibat Korupsi

Martahan Sohuturon, CNN Indonesia | Jumat, 01/06/2018 05:46 WIB
Demokrat Yakin Tuan Guru Bajang Tidak Terlibat Korupsi Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan menyatakan pihaknya yakin TGB tak terlibat korupsi, dan mempersilakan KPK serta asng gubernur petahana NTB itu mengklarifikasinya. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan, meyakini Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi alias Tuan Guru Badjang (TGB) tak melakukan tindak pidana korupsi dalam kasus yang tengah diselidiki Komisi Pemberintasan Korupsi (KPK).

"Saya yakin TGB tidak melakukan itu (korupsi)," kata Hinca saat ditemui di Jakarta pada Rabu (30/5).

Demokrat Yakin Tuan Guru Bajang Tidak Terlibat KorupsiMuhammad Zainul Majdi atau lebih dikenal Tuan Guru Bajang (TGB). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Walaupun demikian, lanjut dia, Demokrat mempersilakan KPK melakukan proses penyelidikan lebih lanjut atas kasus yang berawal dari laporan masyarakat tersebut. Hinca pun mendorong TGB untuk mengklarifikasi agar duduk perkara kasus tersebut menjadi terang.

"Biar proses berjalan dan TGB kami dorong menjelaskan itu tidak benar dan biarkan KPK melakukan prosesnya agar semua terang benderang," ujar Hinca.


Hinca tak menjawab lugas saat ditanya kasus itu merupakan upaya pihak lain menjatuhkan elektabilitas TGB yang tengah meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

"Publik bisa membaca arahnya ke mana, termasuk cara membaca itu dalam situasi seperti ini dia sedang ingin menaikkan elektabilitasnya, popularitasnya," tuturnya.


Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan ada pemeriksaan terhadap TGB. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket) berdasarkan laporan masyarakat. Ia sendiri tidak menjelaskan lebih lanjut soal pemeriksaan itu.

"Jadi belum ada akibat hukumnya sama sekali. Masih diperiksa dalam rangka pulbaket," kata Agus, usai buka bersama di rumah dinas Ketua DPR Bambang Soesatyo, di Jakarta, Senin (28/5).

Agus mengatakan pemeriksaan kepada TGB berkaitan dengan kasus lama. Dia membantah kasus itu berkaitan dengan adiknya yang kini merupakan bakal calon Gubernur NTB. (kid/kid)