Sempat Ditiadakan, Salat Id di Kebun Raya Bogor Tetap Digelar

Ihsan Dalimunthe, CNN Indonesia | Kamis, 07/06/2018 15:16 WIB
Sempat Ditiadakan, Salat Id di Kebun Raya Bogor Tetap Digelar Solat Idul Fitri 1439 H tetap diselenggarakan di Kebun Raya Bogor. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Bogor sempat protes karena pihak pengelola Kebun Raya Bogor memutuskan untuk tidak menggelar Salat Idul Fitri 1439 Hijriah tahun ini.

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya, Didik Widyatmoko mengatakan pihaknya dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah mempertimbangkan banyaknya permintaan masyarakat luas dan memutuskan untuk tetap menyelenggarakan Salat Idul Fitri tahun 2018 ini.

"Solat Idul Fitri 1439 Hijriah tetap digelar di lapangan Kebun Raya Bogor," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (7/6).



Menurut Didit Salat Id sempat tidak jadi diselenggarakan karena evaluasi penyelenggaraan Salat Idul Fitri dan Idul Adha pada tahun-tahun sebelumnya di Kebun Raya Bogor.

Menurut dia setiap pelaksanaan Salat selalu terjadi kemacetan jalan raya, penumpukan kendaraan akibat keterbatasan parkir dan menumpuknya jamaah di pintu masuk Kebun Raya Bogor.

"Maka mulai tahun ini segala jenis kendaraan bermotor dan sepeda tidak diperkenankan memasuki kawasan Kebun Raya Bogor," kata Didik.

Kebun Raya Bogor sempat meniadakan penyelenggaraan Solat Idul Fitri 1439 H. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Oleh karena itu, jamaah yang akan melaksanakan Salat Idul Fitri di Kebun Raya Bogor dihimbau untuk mencari tempat parkir di luar Kebun Raya Bogor.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," tambah Didik.


Sebelumnya, beberapa warga Bogor menumpahkan kekesalannya atas tidak diselenggarakannya Solat Idul Ftiri lewat akun media sosial.

(DAL)