Cucu Soeharto Kader Gerindra Merapat ke Partai Berkarya

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Kamis, 07/06/2018 21:44 WIB
Cucu Soeharto Kader Gerindra Merapat ke Partai Berkarya Kader Gerindra dan Hanura disebut telah merapat ke Partai Berkarya. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang mengklaim cucu mendiang mantan Presiden ke-2 Soeharto yakni Retnosari Widowati Harjojudanto atau Eno Sigit bergabung menjadi kader partainya.

Dia menyambut baik langkah Eno tersebut karena akan berjuang bersama Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto yang merupakan Ketua Umum Partai Berkarya.

"Ibu Eno Sigit akan menjadi pengurus DPP Partai Berkarya," ucap Badaruddin saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (7/6).



Diketahui, Eno merupakan cucu Soeharto. Dia adalah anak kedua dari pasangan Sigit Hardjojudanto dan Ilsye Aneke Rahmawati. Sigit sendiri adalah anak kedua dari Soeharto atau adik dari Siti Herdiyanti Rukmana alias Mbak Tutut.

Badaruddin lalu mengatakan bahwa Eno merupakan mantan pengurus DPP Gerindra. Merujuk dari laman partaigerindra.or.id, Eno menjabat sebagai Ketua Bidang Perlindungan dan Pemberdayaan Kaum Difabel DPP Gerindra.

Jabatan tersebut juga tercantum dalam SK Kepengurusan DPP Partai Gerindra yang diunggah di laman infopemilu.kpu.go.id.

Cucu Suharto Kader Gerindra Merapat ke Partai Tommy SoehartoKeluarga Cendana diajak gabung ke Partai Berkarya besuran Tommy Soeharto. (AFP PHOTO/Ahmad ZAMRONI)

Meski begitu, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono mengaku belum mengetahui kabar tersebut.

"Mungkin. Saya Belum tahu," katanya saat dihubungi.

Selain Eno, Badaruddin mengklaim ada petinggi partai lain yang baru saja bergabung bersama Partai Berkarya. Dia adalah Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Hanura, Syaefunnur Maszah.

"Ada juga sekretaris Bappilu DPP Hanura. Bukan [keluarga Cendana]. Orang luar," ucap Badaruddin.


CNNIndonesia.com sudah berusaha menghubungi Gede Pasek Suardika untuk mengonfirmasi hal tersebut, namun belum merespon.

Sebelumnya, Partai Berkarya merekrut eks kader Golkar Priyo Budi Santoso. Priyo langsung diberi jabatan strategis, yakni Sekjen partai.

Selanjutnya, Badaruddin berharap keluarga Cendana bersatu dalam Partai Berkarya. Dia ingin Siti Herdiyanti Rukmana alias Mbak Tutut dan Siti Hediyati Hariyadi atau Titiek soeharto juga bergabung menjadi kader partainya.

"Kita harap Mbak Tutut dan Mbak Titiek segera gabung dan rapatkan barisan," kata Badaruddin saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (7/6).


Sejauh ini, Badaruddin enggan merinci komunikasi antara Tommy dengan kedua kakaknya. Dia hanya mengatakan mereka sudah sering berdiskusi bersama.

Badaruddin menilai keluarga Cendana sebaiknya bergabung bersama Partai Berkarya. Menurutya, hal itu akan berdampak baik terhadap Partai Berkarya yang saat ini diketuai Tommy.

"Kita harap keluarga Cendana menyatu di Partai Berkarya agar fokus dan terukur," katanya.

(DAL/DAL)