Cak Imin Tak Tertarik Jadi Cawapres Amien Rais

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Minggu, 10/06/2018 19:52 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar masih percaya diri bakal dipilih Joko Widodo sebagai pendampingnya di Pilpres 2019. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar masih percaya diri bakal dipilih Joko Widodo sebagai pendampingnya di Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengaku sudah mendengar wacana Partai Amanat Nasional (PAN) mendorong Amien Rais sebagai calon presiden.

Namun, pria yang lebih dikenal dengan nama Cak Imin itu mengaku masih lebih tertarik menjadi calon wakil presiden Jokowi ketimbang Amien.

"Pak Amien Rais saya tidak bisa komentar ya, tapi saya lebih pilih Pak Jokowi ketimbang Pak Amien," ujar Cak Imin usai melepas kepergian rombongan mudik di Taman Ismail Marzuki, Minggu (10/6).


"Alasannya karena cawapresnya Jokowi, saya," imbuh Imin diikuti gelak tawa.

Cak Imin adalah petinggi partai yang sudah jauh hari mendeklarasikan diri sebagai calon terkuat pendamping Jokowi. Dalam beberapa kesempatan, Cak Imin kerap dipanggil sebagai 'Pak Cawapres' oleh sejumlah pejabat politik.


Ketua Umum PAN Zulkfili Hasan sebelumnya menyebut empat nama sebagai kandidat capres potensial dari partainya. Dari keempat nama itu terselip nama Amien Rais.

Kemunculan nama Amien sebagai capres menambah daftar capres yang sebelumnya sudah ada. Di samping petahana Jokowi, sudah ada Prabowo yang mendapat mandat sebagai capres oleh Gerindra.

Cak Imin melihat peluang Amien Rais sebagai capres cukup baik. Bahkan menurutnya berpotensi melebihi Prabowo.

"Jangan-jangan Pak Amien daripada Pak Prabowo lebih kuat Pak Amien. Jangan-jangan ya," tukas Imin.
Cak Imin Tak Tertarik Jadi Cawapres Amien RaisKetua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)


Ia berpendapat, Amien punya modal kuat sebagai capres karena pernah menjabat Ketua PP Muhammadiyah dan tidak bertanding dalam arena pilpres terakhir.

"Mungkin perlu yang baru untuk tanding."

Amien Rais telah mengaku cukup layak sebagai capres untuk pemilu 2019. Ia bercermin dari pengalaman Mahthir Muhammad yang berhasil terpilih sebagai perdana menteri di usia 92 tahun.


"Jadi saya pun sedikit agak layak ya [nyapres]. [Saya] sudah agak kuno ya, tapi ya dengan Mahathir itu jadi ada semacam ada perubahan visi orang Asia Tenggara [soal usia] ini," imbuh Amien di rumah dinas ketua MPR, Sabtu (9/6). (lav/gil)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK