Soal Mutasi, Anies Sebut Tak Akan Berhenti di Tiga Pejabat

FHR, CNN Indonesia | Senin, 11/06/2018 00:52 WIB
Soal Mutasi, Anies Sebut Tak Akan Berhenti di Tiga Pejabat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Jakarta, belum lama ini. (CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui pihaknya tidak hanya akan berhenti pada pencopotan tiga kepala dinas. Mutasi dan rotasi akan dilakukan kepada pejabat lainnya.

"Memang sudah siklusnya, kita akan memulai dan ini adalah sebenernya bukan hanya tiga, nanti akan ada lagi beberapa. Cuma pada fase ini tiga (kepala dinas) dan ini tempat-tempat yang perlu segera ada penanganan dengan lebih baik," ucap dia, di sela-sela kunjungannya ke Stasiun Pasar Senen, Minggu (10/6).

Ketiga kepala dinas yang dicopot dari jabatannya adalah Kepala Dinas Pendidikan Sopan Adrianto, Kepala Dinas Perumahan-Pemukiman Agustino Darmawan, dan Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) Indrastuty Rosari Okita.

"Jadi, ini bagian dari fase penyegaran, refreshing untuk rotasi para pejabat Pemprov DKI," lanjutnya.

Anies mengatakan, hingga saat ini status kepala dinas pengganti ketiganya adalah Pelaksana Tugas (plt). Saat ini, panitia seleksi tengah bekerja memilah sejumlah nama calon pejabat definitif. Setelah itu baru akan ditentukan nama kepala dinas terpilih dan dilantik menjadi kepala dinas definitif.

"Jadi pada fase ini belum ada pejabat definitif lama. Semuanya adalah pejabat Plt," jelasnya.

Anies juga membantah bahwa pihaknya melakukan pencopotan secara diam-diam. Pihaknya akan mengumumkan kepada publik jika sudah ada kepastian kepala dinas definitif.

Hal ini terjadi dalm hal pelantikan Dzikran Kurniawan sebagai Kepala Unit Fasilitas Pemilik Rumah Sejahtera Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (8/6).

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan kabar pencopotan terhadap tiga kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).


"Jadi sudah ada keputusan dari Pemprov, Pak Gubernur dan kami konsultasikan juga bahwa ada tiga unit SKPD, UKPD [Unit Kerja Perangkat Daerah] yang kami lakukan penyegaran. Kita harapkan untuk meningkatkan kinerjanya ke depan," ujar Sandi usai menghadiri grand opening toko daging OK OCE di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Sabtu (9/6).


(arh/arh)