Sandi Sebut Tak Akan Ada Takbiran di Monas

Dhio Faiz, CNN Indonesia | Senin, 11/06/2018 11:27 WIB
Sandi Sebut Tak Akan Ada Takbiran di Monas Pemprov DKI Jakarta tak akan menyelenggarakan malam takbiran di Monas. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan tidak akan ada acara perayaan malam takbiran di Monumen Nasional (Monas) jelang Lebaran Idul Fitri 2018.

Sandi menyebut perayaan malam takbiran akan digelar di lima titik di Jakarta. Akan ada satu pusat perayaan malam takbiran di setiap kota administtatif Jakarta. Namun Sandi belum mau mengumumkan lima titik tersebut.

"Tidak akan ada takbiran di Monas, akan dipecah ke lima wilayah agar tidak memusatkan kepadatan lalu lintas ke pusat kota," kata Sandi saat ditemui di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (11/6).

Sandi beralasan Pemprov DKI Jakarta akan memfokuskan Monas sebagai tempat gelaran acara kebudayaan dan olahraga. Sehingga acara di luar kategori itu tidak akan digelar di sana.


Selain itu, pemusatan tempat perayaan malam takbiran ditujukan untuk memastikan euforia berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Dia juga menginstruksikan kepada warga yang ingin melakukan konvoi atau perayaan takbiran di luar gelaran Pemprov, harus berkoordonasi dengan Dinas Perhubungan dan Satpol PP. Hal ini dilakukan agar teratur dan  tidak menimbulkan kericuhan seperti pada insiden sahur on the road (SOTR) beberapa waktu lalu.

"Kita ingin perpsesi mensyukuri setelah berperang tiga puluh hari melawan nafsu berlangsung tertib, jangan terlalu euforia dan akhirnya ada ekses anarkis maupun vandalisme," kata Sandi. (sur)