FOTO: Ketika Jakarta Lengang dan Tenang

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 13:44 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Satu kali dalam setahun, DKI Jakarta beristirahat sejenak, menghentikan segala ingar-bingar, dan membiarkan para penduduknya mengambil napas dalam-dalam.

Jalanan terlihat kosong di Jalan Rasuna Said Kuningan, Jakarta, Rabu (13/6) atau H-2 lebaran. Pada hari biasa, kawasan yang sedikit menyempit karena ada proyek pembangunan LRT ini acap kali dipadati kendaraan. Kali ini jalanan lengang. CNNIndonesia/Safir Makki
Perkantoran di kawasan Semanggi pun tampak sepi pada pagi Rabu (13/6). Tepat hari ini cuti bersama bagi karyawan swasta dimulai hingga selasa pekan depan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jalan Sudirman yang biasanya ramai dan cenderung padat pun sangat lancar saat libur cuti bersama ini. Riuh aktifitas proyek pembangunan MRT pun berhenti sementara. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Hingga Senin, diperkirakan 50 persen penduduk Jakarta telah meninggalkan ibu kota. Kawasan Melawai yang terbilang ramai kini terlihat luang hanya beberapa kemdaraan yang melintas. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jalan MH Thamrin yang menjadi jantung kota Jakarta juga hanya dilintasi kendaraan pribadi. Angkutan umum seperti bus dan transjakarta masih beroperasi melayani segelintir penumpang. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pejalan kaki bisa menyeberang dengan sangat nyaman di kawasan MH Thamrin yang kosong, tak dicereweti klakson mobil dan motor yang biasanya tak memberikan ruang bagi para pejalan kaki. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Bukan hanya jalanan, kereta commuterline jurusan Depok-Jakarta Kota juga sepi. Kursi-kursi kosong menunjukkan kekontrasan dari hari-hari biasanya ketika para penumpang nyaris tak diberi ruang untuk bernapas. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Sejumlah toko telah menutup tokonya, memasang pengumuman resmi kembali usai Idul Fitri. Penutupan toko ini mengakomodir para pegawai yang pulang mudik merayakan hari kemenangan di kampung. (CNNIndonesia/Safir Makki)