FOTO: Para Pemudik Gratis di Tanjung Priok

CNN Indonesia/Andry Novelino, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 18:22 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Demi menekan angka kecelakaan para pemudik bermotor, berbagai sarana mudik gratis pun disiapkan, salah satunya menggunakan kapal laut.

Kementerian Perhubungan membuka posko pendaftaran mudik gratis menggunakan kapal laut bagi para pemotor di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta, Rabu (13/6). CNN Indonesia/Andry Novelino
Jumlah keseluruhan penumpang arus pemudik yang sudah check-in pada Rabu (13/6) sampai pukul 14.00 WIB, melalui terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, tercatat 9.245 penumpang dan 4.103 sepeda Motor. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Keberangkatan mudik gratis ini cukup menarik perhatian. Sejak pukul 09.30 WIB pun para pemudik telah berkumpul di pelabuhan dan menanti keberangkatan pukul 13.00 WIB. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Pendaftaran mudik gratis ini telah dimulai sejak Mei lalu dengan persyaratan menunjukkan KTP, SIM, Kartu Keluarga dan STNK. Namun Kemenhub pun masih memberikan kesempatan bagi mereka yang go-show pada hari H. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dalam satu kali pendaftaran, seseorang bisa mendaftarkan empat anggota keluarganya untuk mudik gratis tersebut. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Kemenhub hanya menyediakan satu jalur pada program mudik gratis ini, yaitu dari Tanjung Priok menuju Tanjung Emas, Semarang. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dengan menggunakan kapal, waktu tempuh mudik diperkirakan 12 sampai 14 jam dari Jakarta hingga Semarang. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Tahun ini Kemenhub sendiri menyediakan berbagai sarana untuk mudik gratis demi menekan angka kecelakaan terutama bagi para pengendara motor. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Bukan hanya gratis, pada program mudik gratis ini juga disediakan makan buka puasa secara gratis. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ada lima jadwal keberangkatan mudik gratis ini yaitu 9, 10, 11, 12, dan 13 Juni 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sementara itu, program arus balik dari Semarang menuju Jakarta akan diselenggarakan pada 18, 19, 20, 21, dan 22 Juni. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Kuota angkutan motor gratis menjadi 39.446 unit dari tahun sebelumnya sebanyak 19.148 unit sepeda motor atau naik 106 persen. (CNN Indonesia/Andry Novelino)