Polisi Siapkan Pengalihan Arus Lalin Malam Takbiran

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 13:25 WIB
Polisi Siapkan Pengalihan Arus Lalin Malam Takbiran Malam takbiran diprediksi berlangsung nanti, Kamis (14/6) malam. (Ilustrasi/CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas sebagai antisipasi kemacetan saat takbiran keliling malam nanti, Kamis (14/6).

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, akan ada empat titik rute pengalihan arus lalin.

Arus lalin dari Tugu Tani yang mengarah ke Jalan Merdeka Utara akan dialihkan ke Jalan Perwira-Lapangan Banteng-Pasar Baru-Jalan Gunung Sahari dan seterusnya. Atau pengalihan arus lalin akan dilakukan dari Lapangan Banteng-Tugu Adipura-Veteran Raya-Harmoni.



Arus lalin dari Veteran Raya yang akan mengarah ke Merdeka Utara akan diluruskan ke Harmoni dan seterusnya. Kemudian arus lalin dari Hayam Wuruk yang akan mengarah ke Merdeka Barat akan dibelokan ke Jalan Juanda-Pasar Baru dan seterusnya.

Sementara arus lalin dari Bundaran Hotel Indonesia yang mengarah ke Merdeka Barat akan dibelokan ke Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit dan seterusnya. Atau pengalihan akan dilakukan di Patung Kuda, untuk dibelokan ke kanan menuju ke Jalan Merdeka Selatan dan seterusnya.

Meski begitu, Budiyanto belum bisa memastikan kapan pengalihan arus lalin dilakukan. Pengalihan itu baru akan diterapkan jika terjadi penumpukan kendaraan.


"Pengalihan arus lalin sifatnya situasional, kalau ada penumpukan kendaraan, jadi belum dapat diketahui kapan pelaksanaannya," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (14/6).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya telah menentukan sejumlah titik lokasi takbiran di DKI Jakarta.

Lima lokasi takbiran itu diantaranya, Masjid Jami' At-Taqwa, Jalan Pisangan Baru Timur, Matraman, Jakarta Timur, Area CNI, depan Lippo Mall Puri Indah (di samping kantor Wali Kota Jakarta Barat) dan Rusun Tambora Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora.


Di Jakarta Pusat, malam takbiran akan dipusatkan di sepanjang jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, dan Masjid Jami Al Islam, Petamburan.

Sedangkan di Jakarta Selatan, takbiran dipusatkan di halaman kantor Wali Kota Jakarta Selatan, dan di Jakarta Utara, Masjid Al Hidayah, dipusatkan di Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, dekat pintu keluar Tol Plumpang.

Sementara itu, kepolisian sendiri mengimbau warga tidak melakukan takbir keliling di jalan-jalan protokol serta objek vital, dan memusatkan kegiatan di masjid maupun sekitar tempat tinggal.

Takbiran diperkirakan terjadi malam nanti, setelah pemerintah menggelar sidang isbat dan diprediksi menentukan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Jumat (15/6).