Masjid Istiqlal Distribusikan Zakat Senilai Rp200 Juta

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 17:47 WIB
Masjid Istiqlal Distribusikan Zakat Senilai Rp200 Juta Ilustrasi Masjid Istiqlal. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Bidang Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan pihaknya berencana membagikan zakat fitrah kepada orang yang berhak menerima atau mustahik, pada Kamis (14/6) malam.

Menurutnya, saat ini Masjid Istiqlal sudah mengumpulkan zakat fitrah berupa uang dengan nilai kurang lebih Rp200 juta.

"Karena masyarakat yang menunaikan zakat di Masjid Istiqlal itu hampir 100 persen itu menggunakan uang. Ada satu dua orang yang masih pakai beras, sampai saat ini kurang lebih Rp200 juta itu semua sudah kami jadikan beras," kata Abu saat ditemui di Masjid Istiqlal, Kamis (14/6).

Abu menjelaskan ada dua metode distribusi zakat fitrah yang dilakukan Masjid Istiqlal. Pertama, didistribusikan melalui lembaga, rumah yatim yang telah memberi proposal kepada Istiqlal.

"Tentunya yang kami prioritaskan adalah masjid, musala, rumah yatim yang bertetangga langsung dengan Masjid Istiqlal," ujarnya.

Metode kedua, lanjutnya, melalui kupon yang diberikan kepada masyarakat yang datang ke Masjid Istiqlal. Kupon itu kata dia, diselipkan di kotak makanan yang diberikan saat berbuka puasa.

"Jadi pada saat berbuka puasa, kami selipkan kupon zakat fitrah itu ditempat makanan mereka, lalu dengan kupon itu mereka bisa ambil zakat," katanya.


Nantinya, kata Abu, setiap orang penerima zakat fitrah akan mendapat 5 kilogram beras. Namun, pihaknya belum bisa menghitung jumlah kupon yang akan dibagikan karena pengelola masih menerima pembayaran zakat.

"Tergantung nanti, ini kan masih menerima terus. Karena berasnya kan udah di stok duluan. Kalau kami mau beli hari begini kan tidak mungkin. Penjual beras sudah pada mudik," ujarnya.

Dia yakin pembagian melalui kupon ini tidak akan menimbulkan kericuhan. "Insya Allah pembagian ini aman, tidak akan menimbulkan kegaduhan," katanya.


(ugo)