Istiqlal Siapkan Kantong Parkir di Katedral

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 20:16 WIB
Istiqlal Siapkan Kantong Parkir di Katedral Warga melintas di Masjid Istiqlal. (CNN Indonesia/Agung Rahmadsyah).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Bidang Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan pihaknya menyiapkan sejumlah kantong parkir di sekitaran masjid bagi para jemaah yang akan melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, diantaranya di Gereja Katedral.

"Masyarakat tidak boleh parkir di bahu jalan. Nanti akan diatur polisi silakan. Nanti di sini (Istiqlal) sampai ke Lapangan Banteng, Jalan Perwira," kata Abu saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (14/6).

Abu mengatakan pengaturan kantong parkir itu agar lalu lintas jalan sekitar Istiqlal tidak terhambat akibat kendaraan yang parkir di bahu jalan. Hal itu, kata dia, juga akan menguntungkan kendaraan para jemaah yang datang karena tidak lagi tertumpuk dengan kendaraan jemaah lain.


Selain itu, lanjutnya, selain salat Idul Fitri besok juga akan diselenggarakan salat Jumat. Pengaturan parkir penting dilakukan agar tidak terjadi kesemrawutan.

"Sekarang atau mulai tahun ini akan diatur dengan baik, parkir-parkir liar juga dimaksimalkan tidak ada," katanya.

Abu menambahkan selain di Lapangan Banteng dan dalam masjid, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Gereja Katedral untuk menyediakan lahan parkir.

"Silakan jemaah masyarakat yang mau parkir di Gereja Katedral silakan di depan. Yang penting tidak di pintu masuk. Karena walaupun ini hari libur mereka ada yang kerja dan masuk. Mau parkir di dalam juga tidak apa-apa," katanya.


Salat Id di Istiqlal akan digelar pukul 07.00 dan diperkirakan akan diikuti ratusan ribu jamaah.

(ugo)