Takbiran Bareng Warga, Anies Disuguhi Makanan Khas Betawi

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 20:59 WIB
Takbiran Bareng Warga, Anies Disuguhi Makanan Khas Betawi Anies Baswedan selaku gubernur Jakarta untuk pertama kalinya menghabiskan malam takbiran bersama warga Jakarta Selatan. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta mengawali takbiran jelang Hari Raya Idul Fitri di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (14/6) malam.

Setibanya di lokasi pukul 19.30 WIB, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu disambut oleh tuan rumah Wali Kota Jaksel Tri Kurniadi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Yani Wahyu, dan jajaran pejabat DKI lainnya. Termasuk, lurah dan camat se-DKI.

"Malam hari ini bagi saya adalah malam takbiran pertama bertugas di Provinsi DKI Jakarta. Takbiran pertama dimulai di Jaksel karena saya tinggal di sini juga. Kita dengar sayup-sayup suara takbir di seluruh tempat," kata Anies dalam sambutannya.



Menurut Anies, takbiran bukanlah peristiwa religius semata melainkan ajang untuk melestarikan kebudayaan daerah. Di Jaksel, para peserta membawa rantang berisi makanan sebagai tradisi Betawi.

Anies pun sempat mencicipi ketupat dan opor ayam dilengkapi sambal yang dihidangkan dengan rantang.

"Saya lihat pada bawa rantang dan Insya Allah kita kembangkan sama-sama budaya Betawi kita dan kita adalah tuan rumah di tanah sendiri," kata Anies.


Menutup sambutannya, Anies mengucapkan terima kasih kepada pejabat DKI yang dinilainya sudah baik dalam memfasilitasi warga DKI untuk mudik.

"Saat ini di mana warga liburan, tetapi bagi aparat saat ini tetap saat kerja. Dari mulai memfasilitasi parkiran sampai mengorganisir tempat untuk dipakai salat ied besok pagi," kata Anies

Setelah ini, Anies akan melanjutkan takbir keliling di Masjid Jami Al Islam, Jalan KS.Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat.

Kemudian, Anies mengakhiri takbir keliling di Area CNI, Puri Kembangan, Jakarta Barat. (gil)