Warga Diimbau Tidak Main Petasan di Malam Takbiran

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 23:03 WIB
Warga Diimbau Tidak Main Petasan di Malam Takbiran Ilustrasi. (Reuters/Agung Parameswara)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapolres Jakarta Pusat Komisaris Besar Roma Hutajulu mengimbau agar warga tidak bermain petasan dalam kegiatan takbiran malam ini, untuk menghindari keributan.

"Kami imbau supaya tidak usah (main petasan), karena ini akan memancing dan jadi trigger untuk adanya tawuran di malam takbir," kata Roma di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis malam (14/6).

Roma mengatakan imbauan itu telah disebar melalui media sosial, brosur, dan spanduk yang dipasang di setiap wilayah Jakarta Pusat.
Untuk pengamanan malam takbir, Roma mengatakan pihaknya menyiagakan petugas di titik rawan kemacetan seperti jalan Sudirman-Thamrin. Pengalihan arus akan dilakukan jika terjadi kemacetan yang luar biasa.


Roma juga mengimbau agar warga yang belum melaporkan malam takbir tidak perlu memaksakan diri untuk berkeliling atau konvoi di jalan dan melaksanakannya di wilayah masing-masing.

"Supaya malam takbir berjalan dengan aman dan kondusif," katanya.
Di sisi lain, pihak Roma juga mengerahkan patroli bersama warga masyarakat untuk wilayah perumahan yang ditinggal mudik para penghuninya.

"Kalau ada (gangguan kamtibmas) kami akan lakukan tindakan tegas dan terukur jika tertangkap," katanya.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com malam ini di kawasan Monas, arus lalu lintas ramai dan sedikit padat. Kepadatan itu terjadi lantaran banyak warga memarkir kendaraannya di sekeliling Monas.

Para pedagang kaki lima yang berjualan juga sedikit menghambat arus lalu lintas. Namun, petugas gabungan Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Kepolisian berjaga serta memberikan imbauan melalui mobil pengeras suara agar warga tidak berlama-lama parkir di bahu jalan. (has)