Libur Lebaran, SAR Bandung Patroli ke Sejumlah Objek Wisata

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 16/06/2018 11:55 WIB
Libur Lebaran, SAR Bandung Patroli ke Sejumlah Objek Wisata Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kantor Search and Rescue (SAR) Bandung yang melingkupi wilayah Jawa Barat menyiagakan personil di posko pengamanan pantai untuk mengantisipasi kecelakaan laut pada libur Lebaran 2018.

"Untuk pengamanan water rescue kita fokus di beberapa tempat," kata Kepala Kantor Basarnas Bandung Slamet Riyadi melalui keterangan tertulis, Sabtu (16/6).

Ia mengatakan, jajarannya disiagakan di posko penyelamatan dan melakukan patroli keliling di Pantai Cipatujah, Pantai Santolo, Pantai Pangandaran, Waduk Jatigede, Waduk Jatiluhur dan pantai wilayah Cirebon.


Disiapkan personil dan peralatan penyelamatan yang siap bertugas memberikan bantuan penyelamatan melingkupi pantai selatan dan utara Jabar.

Slamet Riyadi menambahkan, setelah Hari Raya, masyarakat seringkali mengisi hari libur dengan berwisata ke objek wisata, termasuk pantai. Namun, seperti diketahui daerah pantai selatan memiliki gelombang yang besar dan terdapat beberapa palungan di pantainya.

Maka, diharapkan para wisatawan untuk menuruti peraturan yang berlaku.

"Bagi wisatawan yang berkunjung di pantai untuk mematuhi peraturan. Anak kecil harap dipantau orang tuanya agar tidak berenang di zona merah," ujarnya.

Selain itu, ia berpesan kepada wisatawan agar berenang tidak melewati batas yang sudah ditentukan.

"Sebisa mungkin gunakan alat pelindung diri seperti pelampung," tutur Slamet Riyadi.

Tim SAR Bandung juga membuka layanan informasi bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan melalui posko terdekat atau telepon ke 022 7780437.
[Gambas:Video CNN] (hyg/osc)