Hari Kedua Lebaran, Lalu Lintas di Jawa Terpantau Lengang

Bintoro Agung Sugiharto, CNN Indonesia | Sabtu, 16/06/2018 21:01 WIB
Sejak pagi sampai pukul 19.00 WIB posko pemantau Kementerian Perhubungan tak mencatat kejadian luar biasa di sejumlah titik jalan yang biasa dipadati kendaraan. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Situasi lalu lintas darat di sejumlah titik transportasi kepadatan pada hari kedua Idul Fitri tahun ini terpantau lengang. Kementerian Perhubungan mencatat belum ada kejadian luar biasa sepanjang hari ini.

"Secara umum dari pagi hari sampai saat ini lalu lintas sangat aman lancar terkendali, tidak ada kejadian luar biasa," ujar Ketua Harian posko nasional Kementerian Perhubungan Sahattua Simatupang, Sabtu (16/6).

Dari panel kamera pengawas di Kemenhub, nampak mayoritas titik lalu lintas yang berpotensi macet masih sepi dilalui kendaraan.


Titik-titik seperti Simpang Jomin, Jembatan Gentong, Pasar Ciawi, Pasar Limbangan, Subang, Exit Tol Pejagan, terlihat lengang.

Lalu lintas di sekitar terminal di Jawa pun masih sepi seperti di Merak, Bekasi, Semarang, atau Yogyakarta.

Kendati demikian, ada sejumlah titik yang masih ramai dilalui oleh kendaraan seperti di jalur Nagreg dan di wilayah Garut. Khusus di Nagreg, terjadi kemacetan yang berlangsung sejak siang.

Menurut keterangan petugas Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jawa Barat Wilayah 9 yang berada di lokasi, kemacetan itu muncul akibat volume kendaraan yang tinggi dari arah Bandung menuju Garut-Tasikmalaya.

Hal itu menyebabkan petugas di lapangan menerapkan skema satu jalur untuk arah Garut-Tasikmalaya.

"Dari kemarin sudah sangat padat," ujar Adimas, petugas di lapangan dari Nagrek melalui telepon.

Sejak hari pertama lebaran, jumlah keberangkatan penumpang darat sudah menurun drastis dari hari-hari sebelumnya. Sementara pada H-6 jumlah keberangkatan penumpang menembus angka 250.000.

Keberangkatan itu terus bertambah hingga H-2 yang tercatat sebagai yang tertinggi sepanjang arus mudik tahun ini untuk angkutan darat dengan jumlah 297.143.

Angka itu berangsur turun pada H-1 dan turun lagi secara signifikan pada hari pertama lebaran kemarin. Sementara untuk keberangkatan penumpang hari ini baru mencapai 40.000-an hingga pukul 19.00 WIB. (wis)