Polda Metro dan Kodam Jaya Amankan Ragunan hingga Ancol

Gloria Safira Taylor & Dias Saraswati, CNN Indonesia | Sabtu, 16/06/2018 20:45 WIB
Polda Metro dan Kodam Jaya Amankan Ragunan hingga Ancol Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya bekerja sama untuk mengamankan sejumlah lokasi wisata saat libur panjang. (Foto: CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 150 personel polisi diturunkan untuk menjaga kawasan wisata yang ada di DKI Jakarta selama liburan perayaan Lebaran. Mereka dibagi ke lima tempat wisata yang ada di ibukota.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan kelima tempat wisata itu adalah Taman Mini Indonesia Indah, Kota Tua, Monumen Nasional, Kebun Binatang Ragunan dan Ancol. Di setiap tempat wisata sebanyak 30 aparat berjaga di sana.

"Setiap titik tempat wisata diamankan oleh 30 personel," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Sabtu (16/6).


Yusuf mengatakan terdapat tiga tugas utama yang harus diperhatikan oleh mereka. Pertama, mereka bertugas untuk memberikan imbauan dan pelayanan keselamatan terhadap pengunjung tempat wisata.


Hal tersebut bertujuan sebagai antisipasi kejahatan yang marak terjadi seperti pencurian atau penipuan. Biasanya, petugas akan memberikan imbauan melalui selebaran dan penerangan dari spanduk.

Tugas kedua, Yusuf mengatakan petugas harus memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk informasi anak hilang. 

Tugas ketiga, dia menyatakan tidak menutup kemungkinan tempat wisata akan ramai dengan kendaraan pribadi masyarakat yang digunakan masyarakat ke tempat wisata. 

Ratusan Personel

Terpisah, Kodam Jaya juga menerjunkan 900 personel guna melakukan pengamanan selama libur Lebaran.

Kepala Penerangan Kodam Jaya (Kapendam Jaya) Kolonel (Inf) Kristomei Sianturi mengatakan pengamanan tersebut dilakukan oleh personel yang ada di tiap Kodim di wilayah Jakarta.

"Kurang lebih 900 personel," kata Kristomei lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (16/6).


Kristomei menjelaskan ada sembilan Kodim di jajaran Kodam Jaya. Tiap Kodim, lanjutnya menyiapkan kekuatan satu SSK, yang terdiri dari 100 personel.

Kristomei menyampaikan sejumlah tempat yang dilakukan pengamanan di sejumlah tempat wisata, di antaranya Ancol, Ragunan, Taman Mini, area Jakarta Fair, dan sebagainya.

Selain tempat wisata, kata Kristomei penerjunan personel TNI tersebut juga dilakukan untuk melakukan patroli di semua wilayah di Jakarta. (asa)