Seluruh Venue Asian Games Diklaim Siap Pakai pada Juli

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Minggu, 17/06/2018 22:09 WIB
Seluruh <i>Venue</i> Asian Games Diklaim Siap Pakai pada Juli Ilustrasi: venue Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chief de Mission Asian Games 2018 Komisaris Jenderal Syafruddin menyatakan seluruh venue atau arena pertandingan akan tuntas secara keseluruhan pada awal Juli.

Menurut Syafruddin, hal itu sesuai kesepakatan dan janji dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta INASGOC yang menyebut semua venue pada minggu ketiga bulan Juni sudah tuntas.

"Mungkin finishing yang di luar itu memakan waktu satu minggu atau 10 hari. Jadi kira-kira venue semua siap di minggu pertama Juli, siap seluruhnya," kata Syafruddin di Sekretariat CdM Asian Games 2018, Jakarta, Minggu (17/6).


Saat seluruh venue  sudah siap, Syafruddin berharap pada minggu kedua sebelum event berlangsung venue-venue tersebut dapat diuji coba.

Syafruddin menuturkan persoalan venue tersebut berkaitan dengan kesiapan para atlet yang akan bertanding.

"Kenapa saya singgung venue karena ada kaitannya dengan kesiapan atlet kontingen Indonesia apalagi kita tuan rumah," ujar dia.

Selain itu Syafruddin mengatakan kesiapan atlet yang akan bertanding sudah mencapai 99 persen. Seluruh nama atlet yang akan bertanding juga sudah diserahkan kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA).

"Kontingen kita 1.300 tinggal 12 orang yang administrasinya belum lengkap. Tapi saya yakin besok Senin sudah masuk semua. Jadi untuk administrasi sudah siap semua," kata dia.

Dari jumlah itu, kata Syafruddin sebanyak 50 persen atlet Indonesia masih mengadakan latih tanding di luar negeri seperti di Jepang, Korea, Hongkong, Thailand, dan berbagai negara di Eropa.

Sebagian lain seperti atlet cabang olahraga panahan sudah kembali ke tanah air karena telah menyelesaikan uji tanding sebelum lebaran.

"Namun, kami merencanakan pada Rabu setelah liburan, akandi kumpulkan seluruh cabor," ujarnya.

Lebih lanjut, Syafruddin mengatakan dari 45 negara yang menyatakan kesiapan hadir di Asian Games, ada lima yang bakal mengirimkan kontingen dalam jumlah besar. Salah satunya China yang disebut bakal mengirim kontingen sebanyak 1.200 orang.

"Sehingga diperkirakan kontingen dan seluruh major official itu kami dapat data akan datang sekitar 28.000 jumlah kontingan dan ini yang terbesar selama sejarah penyelenggaraan Asian Games," katanya. (wis)